6 Tempat Wisata Di Gunung Kidul Yang Romantis dan Mengesankan

29577 views

6 Tempat wisata di gunung kidul yang romantis dan mengesankan – Seperti yang kita tahu bahwa Gunung Kidul adalah area yang tandus terdiri dari perbukitan kapur yang selalu dilanda kekeringan, namun mempunyai kekhasan sejarah yang unik, potensi pariwisata, budaya dan kuliner yang beragam.  Tempatnya berada di pesisir selatan Pulau Jawa dimana Gunung Kidul merupakan sisa lautan di masa silam.

Daerah yang tandus yang selama ini kita kenal ternyata menyimpan banyak sekali tempat-tempat menarik, indah masih alami dan mempesona pengunjungnya. Dengan keadaan tempat-tempat yang mempesona ini akhirnya oleh warga setempat dijadikan tempat wisata.

Tak heran kalau mulai sekarang sudah banyak orang yang telah membuktikan keindahan tempat-tempat wisata di Gunung Kidul. Mereka hanya mendengar dari mulut ke mulut selanjutnya membuktikannya sendiri. Yang pernah merasakan ke sana, sebagian besar mereka melakukan kunjungan berikutnya. Selain itu juga ada beberapa tempat wisata di sana yang dipilih oleh beberapa artis ibu kota untuk tempat syuting dan foto. Wah, makin menarik sekali ya, tempatnya.

Berikut ini kami sampaikan 6 tempat wisata di Gunung Kidul yang Romantis, yang wajib kamu kunjungi deh,

1. Gua Pindul

Gua pindul adalah obyek wisata berupa gua yang terletak di desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk berwisata di Gua Pindul ini dilakukan dengan cara menyusuri gua dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam gua. Aliran sungai bawah tanah dimuali dari mulut gua sampai akhir gua. Aliran sungainya ini cukup tenang jadi membuat kita yang menyusuri gua tersebut merasakan ketenangan dan kebahagiaan batin, terutama bagia pasangan yang baru menikah, menyusuri berdua aja, hehe.. 🙂

gua pindul, tempat romantis di gunung kidul, gua terindah di gunung kidul

Di bagian atasnya gua ini terdapat stalagtit yang sudah menyatu dengan stalagmit, sehingga membuat keadaan dalam gua makin indah. Selain itu juga di dalam tepatnya di tengah gua terdapat ruangan yang agak besar dengan lubang di atasnya. Tepat itu biasa di sebut dengan “cahaya syurga”. Tempat tersebut dinamakan sebagai cahaya syurga karena ketika memasuki sekitar jam 12 siang, maka sinar matahari akan masuk ke dalamnya dan membuat suasana semakin indah. Di waktu-waktu tersebut akan sangat pas jika kita mengambil foto di sana.

2. Pantai Sundak

Pantai Sundak adalah pantai yang beraeda di desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus. Pantai ini berada di jajaran pantai selatan berderet dengan pantai Kukup, Krakal, Drini, Sepanjang dan Baron. Pantai Sundak ini tidak terlalu besar, namun pantai ini menyajikan keindahan alam yang alami dan menyenangkan.

Pantai Sundak, pantai terindah di Gunung Kidul, tempat wisata di Gunung Kidul

Pantai Sundak adalah salah satu tempat wisata yang menjadi andalan di Gunung Kidul. Keindahan pasir putih yang landai dan air laut yang jernih membuat daya tarik tersendiri dari pantai ini. Selain itu juga adanya batu karang yang berlumut ikut melengkapi keindahan pantai ini.

Ketika kita berjalan menyusuri pantai ini, maka kita akan melihat bukit-bukit kapur yang eksotis, indah yang sering digunakan sebagai lokasi pemotretan. Pnatai ini juga memiliki gua dengan sumur mata air tawar yang menjadi sumber mata air penduduk sekitarnya.

3. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan terletak di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Pantai ini terletak cukup tersembunyi dan masih jarang diketahui oleh para wisatawan. Pantai ini dinamakan Sadranan karena memang pantai ini sering digunakan oleh warga setempat untuk melakukan nyadran sesajen ke laut.

pantai sadranan, pantai di gunung kidul, tempat romantis di gunung kidul
Pantai ini terdiri dari pasir putih yang masih dibilang alami karena pasir putihnya lebih putih dan bersih dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul. Selain itu juga terdapat karang-karang yang membuat semakin indah dan istimewa bagi pantai ini.

4. Bukit Kosakora

Bukit Kosakora adalah salah satu tempat wisata yang memberikan keindahan, ketenangan dan keromatisan tersendiri di Gunung Kidul. Bukit Kosakora ini terletak 2 KM dari sebelah timur pantai Drini. Di Bukit ini terdapat pemandangan yang sangat menakjubkan, yang terdiri dari hamparan rumput hijau yang bisa memberikan kesejukan.

bukit kosakora, tempat wisata romantis, tempat wisata di gunung kidul

Bukit ini tidak terlalu tinggi,  kira-kira 50 meter saja. Namun setelah kita sampai di atas puncak bukit ini maka hamparan pantai Ngrumput, Drini, Kukup, Baron akan terlihat indah dari bukit ini. Dari hamparan pantai-pantai tersebut, kita bisa menikmati keindahan gelombang ombak, kelok-keloknya karang pantai dan birunya laut serta hijaunya rumput.

5. Pantai Wedi Ombo

Pantai Wedi Ombo adalah salah satu pantai yang terleltak di Gunung Kidul. Wedi Ombo daiambil dari bahasa jawa yang jika diartikan dalam bahasa indonesia adalah pasir yang sangat luas. Pantai ini biasanya digunakan untuk memancing.

Pantai Wedi ombo, Tempat romantis di Gunung Kidul, Pantai di Gunung Kidul
Pantai ini diapit oleh teluk yang lebar dengan pasir putih yang menghadap ke laut dan dikelilingi oleh perbukitan kapur. Teluk dapat kita lihat dari atas bukit atau dari pinggir pantai juga. Pantai ini dikelilingi juga oleh pegunungan kars yang membuat seolah pantai ini berada pada cekungan bukit. Jadi membuat pantai ini makin indah. Selain itu juga ombak di pantai ini cukup besar dan sering digunakan untuk berselancar.

6. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk ini adalah salah satu tempat wisata yang tidak kalah indahnya dengan tempat wisata lainyya di Gunung Kidul. Air terjun ini terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen Gunung Kidul. Air Terjun ini berada di tepi sungai Oya.

tempat wisata di Gunung Kidul, air terjun Sri Gethuk, Tempat wisata yang romantis
Air Terjun ini bermula dari tiga sumber air mata air, yaitu Kedungpoh, Ngandong, dan Ngumbul. Ketiga mata air tersebut mengalir menjadi satu dan membentuk aliran air yang jatuh dari tebing bebatuan. Aliran air pada air terjun ini selalu mengalir tanpa kenal musim. Jadi kapanpun kita bisa menikmati keindahan air terjun ini.

Demikianlah 6 tempat wisata yang romantis dan mengesankan yang berada di Gunung Kidul yang wajib dikau kunjungi. Bisa rame-rame ajak teman-temannya ya, dan tetap sharekan info ini ke teman-temanmu lewat media sosialmu. Dapatkan pula tips-tips dna informasi penting lainnya hanya di Sebelumtidur.com.

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?