Agar iman bertambah kuat
Agar iman bertambah kuat

Agar Iman Tidak Naik Turun Nomor 3 Bikin Greget

Posted on

Sebelumtidur.comAgar iman bertambah kuat disetiap harinya adalah perkara yang tidak mudah. Saat sedang tidak bersemangat untuk beribadah atau banyak melakukan hal-hal yang tidak penting, atau cenderung melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat adalah tanda bahwa iman sedang menurun.

Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (al-Qur’an) dan Rosul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagi-mu) dan lebih baik akibatnya.” Q.S. An-Nisaa: 59

Bahaya yang nyata ketika iman sedang turun dan kita tidak sadar akan kondisi tersebut. Permasalahan iman merupakan permasalahan terpenting, iman itulah yang nanti akan menentukan posisi seseorang di dunia maupun di akhirat.

Iman yang kuat akan mengantarkan kita ke surga, lebih dari itu ridho Allah SWT terhadap apa saja yang kita lakukan adalah yang terpenting.

Agar Iman Bertambah Kuat

Agar iman tidak naik turun dan terus bertambah kuat ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Jangan biarkan setan merasuki diri kita dan menjadikan kita sebagai pengikutnya, naudzubillah. Yukk sahabat sebelumtidur.com langsung kita simak penjelasannya.

1. Tetap Selalu Melaksanakan Ibadah Wajib

Ketika ada seorang muslim yang mengatakan bahwa imannya terus meningkat tetapi ibadah wajibnya masih bolong berarti dia belum merasakan nikmatnya iman. Bisa jadi ketika dia mengatakan imannya tinggi itu adalah bisikan setan.

Wajib waspada yaa sobat. Saat iman turun yang ditandai dengan rasa malas untuk beribadah halaulah dengan terus melaksanakan ibadah wajib.

Agar iman kuat, melaksanakan sholat 5 waktu di awal waktu, melaksanakan puasa Romadhon, berzakat, dan berhaji jika mampu.

Jika kita tidak melaksanakan ibadah wajib ini maka iman kita kepada Allah SWT perlu dipertanyakan kembali.

2. Memperbanyak Membaca Al-Qur’an

Agar iman kuat

Al-Qur’an adalah firman Allah yang disampaikan melalui Rosulullah, semua permasalahan yang kita hadapi ada jawabannya di Al-Qur’an. Sebagian besar ayat yang ada di Al-Qur’an mampu menggetarkan hati yang membacanya.

Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.” Q.S. Shaad:29

Sobat, di dalam Al-Qur’an banyak sekali pesan yang disampaikan pada kita, jika semua pohon dijadikan satu untuk menjadi bolpoin nya, dan air laut dikumpulkan semua untuk menjadi tintanya, maka semua itu tidak akan cukup untuk menuliskan kandungan yang ada di dalam Al-Qur’an.

3. Menjaga Indra Dari Hal-Hal Buruk

Anugrah yang sempurna dari Allah SWT adalah ketika kita bisa merasakan manfaat yang sebenarnya dari 5 indra yang dimiliki. Mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit. Indra yang mungkin diluar sana masih banyak yang tidak bisa merasakan indra ini.

Menjaga mata dari pandangan yang membangkitkan napsu, menjada telinga dari pendengaran yang buruk, gosip tetangga mungkin, suatu hal yang sulit memang untuk dilakukan. Namun agar iman tidak naik turun kita harus menjaganya.

Di zaman yang modern ini mana bisa kita tidak melihat sesuatu yang bukan hak kita untuk dilihat.

Sebagai contoh, masih banyak di luar sana wanita muslim yang tidak memakai jilbab, pakaian yang tipis, serta bau wangi yang mengundang syahwat.

Kalau indra kita tidak dijaga siapa yang akan menjaga kita dari api neraka??

Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, yang demikian lebih suci bagi mereka, sungguh Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” Q.S An-Nuur: 30

4. Menjauhi Lingkungan Yang Buruk

Agar iman kuat sebaiknya seorang muslim menyebarkan kebaikan di lingkungannya. Sampaikanlah walaupun hanya 1 ayat. Seorang muslim bisa berbaur dengan semua lingkungan tapi jangan sampai melebur didalamnya dan menggoyahkan iman yang diyakini.

Barang siapa yang berteman dengan pande besi maka engkau akan terkena percikan api, tapi jika engkau berteman dengan penjual parfum maka engkau akan tertular wanginya.

Kalau bergaul dengan mereka yang kaya, populer, keren, gaul, hanya untuk bersenang-senang tetapi melalaikan dan menjauhkan diri dari Allah SWT maka lebih baik mundur segera.

Semakin lama bergaul dengan orang yang seperti itu maka lama kelamaan kita akan mengikuti gaya pergaulan itu.

Berhati-hati dalam memilih teman karena dia turut andil dalam menjerumuskan kita ke surga atau ke neraka. Yukkk sobat cari teman yang until jannah.

Agar iman kuat

5. Memperluas Wawasan Keislaman

Membaca buku atau sekedar mendengarkan ceramah dari ustadz di youtube agar iman bertambah kuat. Agendakan waktu luang untuk membaca secara rutin, bacaan-bacaan Islami bisa menjadi self reminder di kala iman sedang turun.

Kebanyakan orang merasa malas membaca buku, tapi jaman sekarang hampir semua orang memiliki smarphone, jadi kalau tidak memiliki buku atau malas membaca buku.

Maka dengan mudah kita dapat membuka situs yang memberi wawasan tentang keislaman, seperti sebelumtidur.com ini ^_^

Membaca tentang sirah nabawiyah (sejarah nabi) atau kisah inspiratif lain seperti kisah sahabat nabi yang memberi gambaran tentang perjuangan Islam. Semua itu kita lakukan agar iman tidak naik turun dan menjaga kestabilan hati kita.

6. Berkumpul Dengan Orang Sholeh

Cara selanjutnya agar iman bertambah kuat yaitu berkumpul dengan orang saleh. Berkumpul dengan orang-orang yang kita rasa memiliki iman yang lebih tinggi dari kita akan menjadikan hati lebih bersemangat untuk terus beramal dan beribadah.

Seperti syair yang sering kita dengar tentang obat hati, Sobat masih ingat?? kalau lupa ini 5 obat hati agar iman kuat:

  • Membaca al-Qur’an dan maknanya
  • Melaksanakan sholat malam
  • Berkumpul dengan orang sholeh
  • Berpuasa
  • Berdzikir

Nahhh siapa yang bisa melaksanakan dengna rutin maka iman yang tadinya turun bisa menjadi kuat.

Siap berubah menjadi muslim yang sholeh ?

Share ceritamu disini @-@

Topik Bahasan:

Cari tresno mau nikah, agar iman ku at, cara iman bertambah, cara membuat iman jadi kuat, tips iman kuat. Seru Kan? Apa Pendapatmu tentang Topik di Atas?
Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?