Cara merawat kuku agar putih

Kuku Sehat Mengkilap Dengan 7 Cara Ini, Seperti Habis Dari Salon

Posted on

Sebelumtidur.com – Yang kuku nya panjang hayoo tunjuk tangan. Memiliki kuku yang mengkilap dan bersih pasti mikirnya habis dari salon, dengan istilah manicure pedicure untuk membersihkan kuku tangan dan kaki di salon. Kali ini kita akan bahas Cara Merawat Kuku di Rumah biar terlihat seperti habis ke salon.

Cara Merawat Kuku di Rumah

Merawat kuku di rumah biasanya cuma memotong saja dan biasanya memotong kuku sembarangan akan membuat hasilnya tidak cantik. Apalagi yang memiliki kuku panjang pasti menginginkan kukunya bersih dari kuman kuman.

Cara mempercantik kuku secara alami banyak dipilih wanita saat ini, mengingat banyak sekali pemberitaan tentang bahan kimia yang dipakai untuk kosmetik, tentu saja untuk kecantikan kuku juga termasuk.

Cara merawat kuku agar putih dan tetap mengkilap bisa dilakukan dengan berbagai cara, beberapa diantaranya yaitu…..

1. Spa dalam Baskom

cara merawat kuku di rumah
Cara merawat kuku di rumah

Melakukan spa pada baskom akan membantu membersihkan kuku kaki yang kotor. Kaki yang terbiasa menggunakan sepatu akan terasa lembab dan serasa ada banyak bakteri yang bersarang disana. Apalagi kalau kaos kaki jarang diganti duhhh.

Selain untuk kecantikan kuku, spa dalam baskom juga dapat menghilangkan bakteri bakteri yang ada pada kuku kaki. Kuku dan bagian jari kaki lainnya akan terasa bersih dan kesat.

Rendam kaki selama 15-20 menit ke dalam baskom yang terisi air hangat, bisa ditambahkan teh atau herbal lainnya untuk melengkapi khasiat spa. Bisa juga menambahkan garam, yang berfungsi untuk mengobati pegal pegal.

2. Mengikir dan Mengkilapkan Kuku

Mengkikir kuku digunakan untuk menghaluskan dan membentuk kuku. Kuku yang dipotong tidak selalu berbentuk rapi terkadang membutuhkan beberapa perlakuan agar kuku bisa rapi sesuai dengan keinginan kita.

Mengikir bermanfaat untuk membuat kamu tetap nyaman setelah melakukan pemotongan kuku. Atau dalam bahasa Jawa biasanya disebut dengan “ngeres“. Pengikiran pada kuku juga akan membantu kita untuk membuat kuku menjadi terlihat mengkilap.

Kikir pada pemotong kuku ada 2 jenis, ada yang besar ada yang kecil. Jangan salah menggunakannya yaa. Kikir yang besar berfungsi untuk memberi bentuk pada kuku yang telah dipotong. Sedangkan kikir yang kecil digunakan untuk menghaluskan kuku.

3. Menggunakan Kulit Jeruk dan Kulit Pisang

Buah jeruk selain berfungsi untuk minuman yang bisa menurunkan berat badan, ternyata juga berfungsi juga kulitnya untuk membersihkan kuku dan membuatnya lebih cantik.

Kulit pisang memiliki berbagai manfaat, diantaranya dapat memutihkan gigi, mengatasi gigitan nyamuk, mengobati sakit kepala, dan ternyata juga bisa melindungi kulit dari sinar UV matahari. Kulit pisang untuk mempercantik kuku bisa dilakukan dengan menggosok gosokan bagian dalam kulit ke kuku.

Di dalam buku The New Whole Foods Encyclopedia yang ditulis oleh Rebbeca Wood kulit jeruk ternyata mengandung lebih dari 60 flavonoid dan 170 fifonutrien yang berbeda.

Fungsinya apa? Untuk membuat kulit menjadi semakin bersinar. Penggunaan kulit jeruk sama dengan kulit pisang jika digunakan untuk mempercantik kuku.

4. Mengolesi dengan Minyak Zaitun

cara mempercantik kuku secara alami
Cara mempercantik kuku secara alami

Cara Merawat kuku di rumah. Minyak zaitun memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh, padahal kita tau sendiri kalau minyak jenuh itu berbahaya yaa.

Minyak zaitu mampu untuk menghilangkan nyeri  karena ada kandungan oleokantal yang memiliki fungsi seperti ibuprofen, jadi bisa mengoleskan minyak zaitu pada bagian tubuh yang terasa nyeri atau terkena luka bakar agar cepat sembuh.

Minyak zaitu yang digunakan untuk membuat kuku menjadi lebih cantik bisa dilakukan dengan mengoleskan minyak zaitun ke kuku. Setelah itu lakukan pemijatan ringan pada kuku kuku yang sudah diolesi minyak zaitun.

5. Digosok dengan Bawang Putih

Khasiat ampuh dar bawang putih yaitu mampu menghambat pertumbuhan dan transformasi dari PhIP menjadi karsinogen yang merupakan pemicu timbulnya kanker. PhIP yaitu bentuk dari senyawa yang merupakan zat pemicu terjadinya kanker payudara.

Di dalam bawang putih terdapat zat alicin, zat alicin ini berfungsi untuk melawan bakteri yang jahat. Zat ini ada di dalam bawang putih dengan jumlah yang banyak.

Membuat kuku menjadi cantik tentunya bersih dari bakteri kan, Cara penggunaan bawang putih untuk mempercantik kuku yaitu dengan mengupas bawang putih lalu membelahnya. Gunakan bawang putih untuk digosok gosokan pada kuku.

6. Memperbanyak Minum Air Putih

Minum air putih dengan jumlah yang cukup merupakan upaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Dunia kesehatan juga sudah menyarankan agar setiap hari manusia minum sebanyak 8 gelas air putih.

Siapa sangka kalau ternyata 70% bagian tubuh manusia adalah air. Jadi kalau kebutuhan air tidak terpenuhi badan akan terasa sakit. Badan akan dehidrasi dan bisa bermasalah untuk ginjal. Duhh penyakit organ dalam memang berbahaya yaa.

Memperbanyak minum air putih bisa membantu kuku untuk mendapatkan nutrisi yang cukup, dengan begitu kuku akan terlihat cantik dan lebih mengkilap.

7. Memotong Kuku dengan Cara Teratur

Cara mempercantik kuku secara alami ynag terakhir kita bahas disini yaitu dengan memotongnya secara teratur. Memotong kuku tidak perlu menunggu kuku panjang dan kotor yaa.

Ketika terasa sudah mulai panjang dan tidak nyaman, segera saja memotongnya, Bisa pula memotong kuku setiap hari Jumat, mengingat hari Jumat adalah hari yang baik untuk umat Islam.

Memotong kuku bisa mempercantik kuku secara alami. yaa karena bentuk yang beraturan dan juga tidak akan khawatir kalau terjadi kuku patah.

 

Begitu yaa cara cara merawat kuku di rumah, yukk percantik kuku biar terlihat bersih dan sehat.

 

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?