bisnis anak kuliah modal kecil
bisnis anak kuliah modal kecil

Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Tanpa Takut Modal Besar

Posted on

Sebelumtidur.com – Menjadi mahasiswa terkenal dengan orang yang gak punya duit, bener gak? Yukk patahin pendapat itu yaa, Bisnis untuk Mahasiswa yang Menguntungkan saat ini sudah menjamur di masyarakat tanpa mempedulikan status sosial mereka.

Bisnis rumahan untuk mahasiswa bahkan sampai bisnis tanpa modal semua memang menjadi andalan mahasiswa untuk memperoleh pendapatan. Bisnis anak kuliah modal kecil biasanya dimulai dengan mendirikan olshop (online shop)

Nahh sekarang yukk kita bahas ide apa aja yang bisa dipakai sebagai bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan. Simak terus yaa.

Bisnis untuk Mahasiswa yang Menguntungkan

Kewajiban utama bagi mahasiswa yaitu belajar dan mengembangkan keilmuan tapi tidak ada salahnya jika mahasiswa juga melakukan bisnis. Ini beberapa ide yang bisa kamu coba.

1. Bisnis Les Privat

Les privat memang menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan untuk kalangan mahasiswa, utamanya ini untuk jurusan pendidikan yaa, pasti banyak yang minat untuk menjadi guru les.

Selain mendapatkan keuntungan dengan upah dari les, bisa juga untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat selama di bangku kuliah.

Jangan cari sasaran jauh jauh cukup tawarkan diri pada masyarakat di sekitar lingkungan kampus, selain menghemat untuk ongkos jalan juga bisa dengan mudah menempuh lokasinya. itulah bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan.

2. Bisnis Jualan Makanan Kecil

bisnis rumahan untuk mahasiswa
Bisnis rumahan untuk mahasiswa

Bisnis jualan makanan kecil sepertinya akan menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan yang besar. Mengingat setiap ada perkumpulan mahasiswa pasti akan disediakan makanan kecil untuk camilan. Nahh kamu bisa mengambil keuntungan lewat ini.

Tawarkan makanan kecil ke seluruh warga kampus, bisnis jualan makanan kecil ini juga bisa kamu masukan ke kantin kantin setiap fakultas. Biasanya beberapa fakultas menyediakan kantin kejujuran yang bisa kamu gunakan untuk menjual makanan kamu.

3. Bisnis Pengetikan

Sebagai mahasiswa tentunya kamu punya laptop yaa, nahh laptop itu bisa kamu manfaatkan untuk bisnis pengetikan. Saat ini memang masih banyak orang yang kesusahan dalam mengetik. Jasanya mudah yaa apalagi kalau ditawarkan untuk mahasiswa mahasiswa S3 yang kebanyakan sudah sepuh.

Jangan pernah ragu ketika menawarkan jasamu, semua memang berawal dari diri sendiri, kalau sudah malu duluan yaa sudah, orang juga akan ragu untuk memakai jasa kamu.

4. Bisnis Jual Beli Buku

Ini nihhh bisnis anak kuliah modal kecil yang menguntungkan, kuliah mana sihh yang gak butuh buku? Hampir disetiap mata kuliah pasti membutuhkan buku pegangan, selain pinjam di perpustakaan banyak pula yang membeli buku tersebut.

Nahh manfaatkan peluang ini, di kelas kamu aja sudah ada 10 mata kuliah misalnya, belum ditambah dengan kelas lain, jurusan lain, fakultas lain.

Kamu bisa bekerjasama dengan toko buku langganan kamu untuk menyediakan buku dengna jumlah yang kamu inginkan. Kalau dapat diskon kan kamu sendiri yang untung.

5. Bisnis Jasa Penerjemah

Buat mahasiswa bahasa, pas banget kalau mulai bisnis penerjemah seperti ini. Selain tanpa modal bisnis ini menjadi kebutuhan banyak mahasiswa. Saat pengerjaan tugas akhir biasanya ada ketentuan harus menggunakan bahasa asing di bagian abstrak.

Babnyak mahasiswa yang tidak yakin dengan kemampuannya dalam bahasa asing, nahh dirimu yang memiliki kemampuan dalam bahasa asing kamu bisa melakukan penerjemahan abstrak tersebut. Cukup saling kirim file maka usaha kamu bisa lancar.

6. Bisnis Jasa Desain Grafis

bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan
Bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan

Bisnis ini bisa kamu jadikan sebagai pemenuhan hobi juga, yang suka desain desain dari pada ngedit foto untuk maen maen saja mending dijadikan bisnis yang menguntungkan. Bisa mulai membuat logo, edit foto, edit gambar dan lainnya.

Tidak cuma anak informatika yaa yang jago desain grafis saat ini banyak juga mahasiswa yang jago membuat desain yaa karena kebiasaan mengedit foto dirinya sendiri. Manfaatkan daya kreatifitasmu untuk memperoleh keuntungan yang lebih.

7. Bisnis Pulsa

Bisnis pulsa ternyata juga termasuk dalam bisnis yang cocok untuk pemula. Yaa bisnis pulsa adalah bisnis yang semua orang membutuhkan jasanya. Walaupun memang saingan juga menjamur tapi semua tidak akan tau kalau belum dicoba.

Pastikan saja kamu dapat mengelola toko pulsa kamu, toko pulsa dalam hp kamu bisa kamu manajemen agar laba ruginya bisa tercatat dengan baik. Jangan lupa menarik utang pulsa dari orang lain, walaupun banyak yang hutang tapi kalau dicatat dan ditarik maka semua bisa kembali.

8. Bisnis Online Shop

Bisnis online shop paling banyak digemari oleh mahasiswa perempuan, yaa karena biasa yang dijual adalah fashion, tas dan lainnya kebutuhan wanita. Memang mendapatkan keuntungan banyak tapi bisnis fashion tidak bisa selamanya karena model cepat berubah dan juga stock tidak stabil.

Jadi kamu bisa pilih bisnis olshop yang menjual barang dengan model yang lebih stabil dan stock yang bisa dipercaya. Kamu juga gak harus beli dulu baru dijual tapi kamu cari supplier yang bisa langsung kirim dari supplier tersebut jadi tugas kamu cuma cari pembeli saja.

9. Bisnis Servis Laptop

Servis laptop biasanya digemari oleh mahasiswa laki laki apalagi yang memiliki jurusan informatika, pasti mengetahui seluk beluk masalah laptop. Kadang seseorang terlalu bingung ketika laptopnya bermasalah, mungkin cuma masalah kecil tapi membuatnya tidak normal nahh ini tugas dari servis laptop.

Kadang juga untuk mengganti sistem pemrosesan di laptop, mengupgrade sistem memang sering dilakukan karena ada beberapa aplikasi yang mau digunakan. Kelebihan windows 10 dan cara mendownloadnya juga harus kamu ketahui. dan beberapa sistem operasi lainnya.

10. Bisnis Tour dan Travel

Ada beberapa teman masa kuliah saya yang sukses menjadi agen travel. Berawal dari menjadi tour guide lalu mengikuti bisnis travelnya. Coba kita lihat setiap tahun pasti ada kunjungan yang dilakukan di prodi dan dana yang dikeluarkan juga tidak sedikit.

Bisa juga dengan menjadi agen travel umroh dan haji, temen saya ada yang mengikuti agen ini dan bisa bolak balik umroh gratis. Tapi ingat pilih agen terpercaya dan ada standar kualifikasinya yaa.

11. Bisnis Youtuber

Di zaman yang modern ini kreatifitas dibayar mahal yaa, menjadi youtuber menjadai salah satu bisnis rumahan untuk mahasiswa. Bisa dilakukan sendiri tapi juga bisa dilakukan dengan berkelompok. Semakin banyak yang menonton vidio kamu maka kamu akan dapat keuntungan yang semakin banyak pula.

Jangan pernah remehkan bisnis rumahan untuk mahasiswa ini karena mahasiswa yang umumnya memiliki otak yang cerdas bisa memanfaatkan peluang peluang yang ada di depan mata.

 

Bagitu yaa ide bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan,

Semoga bermanfaat.

 

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?