deterjen khusus bayi
Deterjen khusus bayi

Cara Super Mencuci Pakaian Bayi Agar Bebas dari Zat Berbahaya

Posted on

Sebelumtidur.com – Memiliki bayi adalah anugrah terbesar bagi sepasang orang tua.  Saat si kecil datang ke dunia tentunya bunda sudah mempersiapkan semua yaa, salah satunya tentang keamanan bayi dari zat zat yang berbahaya, Nahh bunda perlu tau nihh Cara Mencuci Pakaian Bayi.

Mencuci pakaian bayi tidak boleh sembarangan yaa, mengingat bayi masih rentang dengan berbagai zat yang ada di sekitarnya. Jadi bunda harus mempersiapkan deterjen khusus bayi sekaligus pewangi pakaian bayi agar bayi aman dan tentunya bersih.

Di dalam detergen ada berbagai macam zat berbahaya yang bisa saja masuk ke tubuh bayi. Duhh jadi ngeri kan, apalagi kalau bunda belum menyadarinya. Kali ini kita akan membahas tentang cara mencuci pakaian bayi. Apakah ini penting? Ya. Penting sekali karena semua demi keselamatan si kecil.

Cara Mencuci Pakaian Bayi

Semua berawal dari rasa cinta orang tua kepada anaknya, untuk masalah mencuci pakaian si kecil pun harus diperhatikan dengan seksama. Yukk simak apa saja yang perlu diperhatikan untuk masalah mencuci pakaian bayi,

1. Pilih Deterjen Khusus Bayi

Beberapa bayi memiliki kulit yang sensitif terhadap detergen yang digunakan bunda untuk mencuci bajunya. Alergi yang ditimbulkan berupa eksim, gatal gatal, kulit memerah. Jika bayi sudah menunjukan gejala tersebut berarti bunda harus lebih berhati hati dalam memilih detergen.

Bunda bisa memilih detergen yang berbentuk cair dari pada yang serbuk. Karena detergen cair akan lebih mudah luntur di baju dan juga mudah untuk dibilas.

Ohh yaa bund, hindari detergen yang mengandung pelembut yaa, karena biasanya bahan pelembut ini bisa membuat iritasi menjadi lebih parah.

2. Memperhatikan Suhu Air

Suhu air akan mempengaruhi pada tekstur bahan baju bayi. Gunakan bahan baju bayi yang lembut sehingga akan membuat bayi nyaman menggunakannya.

Untuk mencuci yang aman gunakan suhu 30-40 derajat celcius. Jika memungkinkan gunakan saja suhu air yang normal, karena beberapa bahan baju bayi akan menjadi rusak jika suhu air tidak sesuai untuk kainnya.

3. Pisahkan Popok Kain

cara mencuci pakaian bayi
Cara mencuci pakaian bayi

Popok kain digunakan untuk menghemat bunda dalam penggunaan popok plastik. Popok kain yang tentunya berisi ompol bayi harus dipisahkan dari baju baju yang lain. 

Yaa tentunya karena ada air kencing ini biar tidak mengotori baju lain juga untuk membedakan pencuciannya. Untuk popok kain rendam terlebih dahulu. Setelah itu dicuci seperti biasa, lalu baru digabungkan ke baju baju lain untuk dicuci ulang.

4. Bersihkan Noda Sebelum Mencuci

Cara mencuci pakaian bayi selanjutnya yaitu membersihkan noda sebelum mencucinya. Nahh bayi yang sudah mulai makan sendiri atau sudah dipersiapkan untuk MPASI, biasanya bajunya akan banyak kotor karene belepotan dengan makanan makanan yang menempel di bajunya dan juga di peralatan makan saat MPASI.

Bersihkan noda noda tersebut jangan campurkan dengan baju yang lain, setelah bersih dari noda baru dicampurkan kembali ke baju baju yang lain untuk di cuci bersama.

5. Perhatikan Penjemuran Pakaian

Penjemuran pakaian bayi yang biasanya berbahan tipis sebaiknya jangan dijemur di terik matahari yang panas, cukup diangin anginkan saja. Apalagi kalau bunda memakai mesin cuci yang sudah diperas sekalian sisa airnya.

Baju bayi yang dijemur di terik matahari lama kelamaan akan menjadi rusak bahannya dan juga akan semakin luntur untuk warnanya. Jadi usahakan menjemur pakaian bayi di tempat yang teduh saja.

Nahh masa masa bayi masih mengompol bunda sebaiknya menyediakan banyak pakaian bayi yaa, karena biasanya bunda akan kehabisan celana bayi kalau musim penghujan.

6. Pisahkan Pakaian yang Mudah Luntur

Pakaian yang mudah luntur biasanya pakaian bayi yang baru dibeli, nahh agar lunturan tersebut tidak menodai baju yang lain maka lebih baik bunda singkirkan dulu dan mencuci di tempat terpisah dari baju yang lain.

Zat pewarna pada produk pakaian bayi tentunya sama saja dengan pewarna baju dewasa, tapi bayi yang memiliki kulit sensitif bisa terkena alergi jika pakaian yang digunakannya ada zat yang asing. Lebih baik mencegah yaa bunda jangan sampai si kecil rewel karena masalah pakaian.

7. Perhatikan Bahan Baju Bayi

Mencuci pakaian bayi dengan mesin cuci tentunya akan memudahkan tugas bunda. Apalagi kalau ada pakaian bayi yang bahannya susah untuk dicuci dan cenderung berat. Cara mencuci pakaian di mesin cuci tentunya berbeda dengan mencuci manual yaa bund.

Tapi bunda tidak semua baju bayi bisa dicuci dengan mesin cuci, selain faktor kebersihan juga untuk mempertahankan bahan baju bayi agar tetap bagus.

Sebelum mencuci baju sebaiknya bunda memperhatikan peringatan peringatan yang ada di baju bayi, biasanya sudah ada keterangan untuk cara membersihkan baju tersebut.

 

Begitu tadi yaa cara mencuci pakaian bayi yang benar, semoga bermanfaat.

 

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?