peralatan mpasi sederhana
peralatan mpasi sederhana

Jujur Saja Sebenarnya Peralatan MPASI ini Bunda Butuhkan

Posted on

Sebelumtidur.com – Wahhh senang sekali tentunya kalau si kecil tumbuh dengan cepat dan juga semakin tanggap, apalagi kalau si kecil sudah siap untuk diberi MPASI, wahh bunda harus tau nihh Peralatan MPASI Bayi 6 Bulan, supaya bunda bisa mempersiapkan semuanya.

Jangan sampai bunda melewatkan persiapan MPASI pertama untuk si kecil. Termasuk mempersiapkan berbagai properti yang dibutuhkan untuk mensukseskan jalannya MPASI.

Tapi bunda juga harus waspada ketika memilih peralatan MPASI sederhana, karena bisa jadi ada zat zat berbahaya yang terkandung didalamnya. Seperti timbal, melanin, dan plastik.

Penelitian yang dilakukan oleh WTHR terhadap 316 peralatan makan anak ternyata 36% nya mengandung timbal lebih dari batas yang ditentikan produk anak, yaitu 300 ppm. Batasan tersebuta adalah ketentuan dari Customer Product Safety Commission di Amerika.

Peralatan MPASI Bayi 6 Bulan

Sekarang bunda harus lebih waspada dalam memilih peralatan MPASI sederhana, okee bunda yukk sekarang kita simak apa aja persiapan MPASI pertama untuk si kecil.

1. Baby Bib/ Celemek

Peralatan MPASI bayi 6 bulan
Peralatan MPASI bayi 6 bulan

Ini terlihat sederhana tapi sebenarnya bisa melengkapi peralatan MPASI bayi 6 bulan. Yaa si kecil yang baru belajar untuk makan sesuatu selain ASI pasti dia akan belepotan. Wajar yaa bunda kalau si kecil masih belepotan saat makan.

Tapi kalau memakai celemek, bunda bisa menjaga agar baju yang dipakai si kecil gak kotor karena ada celemek yang menghalanginya. Selain itu celemek juga bisa membantu kebersihan tangan si kecil, saat kotor langsung lap aja tangan si kecil dengan celemek.

Tapi gak semua bayi butuh celemek, kadang ada bayi yang rapi saat diajak makan, yaa memang sedikit sihh karena kebanyakan bayi pasti belepotan saat makan. Cukup beli 2-3 pcs saja yaa bund untuk ganti ganti dipakai.

2. Mangkuk, Sendok, dan Gelas

Sekarang bunda perlu memiliki mangukuk, sendok, dan gelas khusus untuk si kecil karena dia sudah mulai untuk makan sendiri. Tips memilih peralatannya yaitu bunda harus perhatikan food grade nya, yang tentu aman untuk si kecil.

Jangan memilih peralatan yang terbuat dari melanin atau plastik. Pastikan juga peralatannya aman saat dipegang si kecil karena tidak dipungkiri saat dia diberi makan dia pasti penasaran untuk memegang peralatan makannya.

Pilih juga peralatan makan yang tidak mudah pecah, dan juga bunda sebaiknya memilih peralatan yang warna warni sehingga bisa menarik perhatian si kecil. Nahh ini bisa memancing nafsu makan si kecil, maklum yaa bunda, baru pertama kali makan makanan asing pasti membuatnya agak merasa aneh.

3. Sendok Botol

Sendok botol ini bisa disebut sangat perlu tapi juga bisa tidak, sebenarnya penggunaan sendok botol ini memudahkan bunda saat memberi makan si kecil. Penggunaannya juga cukup mudah dan bisa dipastikan makanan tidak mudah tumpah.

Makanan yang sudah siap bisa langsung dimasukan ke botol lalu saat menyuapi si kecil tinggal memiringkan botol dan makanan langsung keluar ke sendok yang merupakan satu bagian dengan botol.

Praktiskan bunda, peralatan makan sendok botol ini juga praktis dibawa kemana saja. Misal nihh bunda suka travelling lalu ngajak si kecil nahh saat dia lapar beri aja makanan dengan sendok botol.

4. Blender

persiapan mpasi pertama
Persiapan mpasi pertama

Bunda belum punya blender? Segera beli yaa bund, karena blender ini sangat berguna untuk membuat MPASI. Bayi yang masih belajar makan dia membutuhkan makanan yang memiliki tekstur yang lembut baru setelah usianya bertambah dia bisa belajar memakan makanan dengan tekstur yang kasar.

Misal bunda mau membuat bubur dari apel apa mungkin bunda mau menumbuk apel itu? Bisa sihh misal bunda mau memarutnya, tapi membutuhkan waktu yang lama belum lagi si kecil sudah keburu nangis, nahh bunda pasti jadi tambah riweh.

Dengan blender ini bunda bisa berkreasi lebih banyak makanan untuk MPASI, jika bunda bingung mau bikin apa, bunda bisa buka Resep MPASI untuk bayi 6 bulan, selain bunda tau bahan yang bagus untuk MPASI, bunda juga tau cara mengolah bahan yang benar.

5. Panci Bubur atau Mini Rice Cooker

Makanan yang paling sering diberikan pada bayi saat memulai MPASI adalah bubur. Kenapa? Karena bubur ini adalah awal makanan yang baik untuk bayi, selain teksturnya yang tepat juga dapat dikreasikan dengan berbagai macam bahan.

Untuk membuat bubur, bunda membutuhkan panci bubur atau bisa juga bunda menyiapkan mini rice cooker sehingga lebih efektif untuk menyiapkan makanan si kecil.

Peralatan MPASI bayi 6 bulan. Pilih panci dengan ukuran kecil yaa bund, karena bayi yang baru memulai makan pasti makannya tidak bisa langsung banyak jadi dengan panci kecil bunda bisa membuat porsi makan yang pas untuk dia.

6. High Chair

Persiapan MPASI pertama bunda membutuhkan high chair, fungsinya apa? Alat ini bisa membantu bayi agar lebih disiplin saat makan, karena dia diajarkan untuk duduk sendiri saat makan dan menikmati makanannya dengan posisi yang benar.

Etika orang Indonesia saat makan adalah dengan posisi duduk, jadi ketika bayi dibiasakan untuk duduk saat makan dia akan terbiasa sampai dia dewasa nanti. Yaa inilah cara untuk mendidik anak cerdas sejak dini dan juga cerdas tingkah lakunya.

Alat ini tidak harus dibeli saat usia bayi masih 6 bulan tapi bisa dibeli saat bayi berusia 8-12 bulan. Walaupun masih lama tapi tidak ada salahnya juga untuk mempersiapkan yaa bund.

7. Kotak Penyimpanan

Bayi yang baru belajar makan tidak mungkin akan makan banyak dan dalam sekaligus. Bunda butuh kotak penyimpanan untuk menyimpan bahan MPASI agar bebas dari kotoran dan juga aman jika mau dikonsumsi lagi.

Peralatan MPASI sederhana yang berupa kotak penyimpanan ini bisa juga digunakan untuk menyimpan bahan MPASI dalam beberapa hari ke depan, dengan begitu tinggal membekukannya di freezer lalu menghangatkannya ketika mau dimakan.

Seperti peralatan makan lainnya, bunda harus memperhatikan bahan pembuat kotak penyimpanan tersebut, jangan sampai zat zat berbahaya masuk ke makanan yang disimpan di dalamnya. Oke bund, siap yaa.

 

Nahh begitu tadp peralatan MPASI bayi 6 bulan, mungkin bunda punya peralatan lain yang biasa digunakan dan lebih sederhana ?? Bisa di share di kolom komentar yaa bund, biar kita semua belajar tentang MPASI bersama sama.

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?