Cara mendidik anak agar cerdas sejak dini
Cara mendidik anak agar cerdas sejak dini

7 Rahasia Cara Mendidik Anak agar Cerdas Sejak Dini, Rahasia Jenius

Posted on

Sebelumtidur.com – Bunda pengen punya anak cerdas? Pengen tau Cara Mendidik Anak agar Cerdas Sejak Dini? Bunda kualahan menangani anak yang super rewel? Nahh kali ini kita akan bahas tentang cara membuat anak pintar dan cerdas.

Terlihat sepele yaa bund dengan kata kata mendidik anak, “Ahh biarin aja nanti juga dia ngerti sendiri” wahh waspada yaa bund, memanfaatkan masa balita anak untuk mengoptimalkan kecerdasannya itu penting lohh. Ingat bund cara mendidik anak agar cerdas itu tidak bisa instan.

Kadang orang tua yang super sibuk menyiapkan segala fasilitas untuk menunjang belajar anaknya, seperti tablet, laptop, buku bacaan, dan lain sebagainya. Orang tua lupa kalau tidak hanya fasilitas saja yang bisa membuat anaknya cerdas dan pintar.

Cara Mendidik Anak agar Cerdas Sejak Dini

Berdasarkan penelitian anak usia dibawah 3 tahun mampu menyerap lebih dari 1000 kata, jadi maksimalkan momen ini yaa bund, masa ini tidak akan terulang lagi dan masa ini menentukan kecerdasan otaknya sampai dia dewasa. Yukk simak lebih lanjut tentang cara membuat anak pintar dan cerdas,

1. Mengatur jam tidur anak

cara membuat anak pintar dan cerdas
Cara membuat anak pintar dan cerdas

Tidur yang cukup akan membantu anak memulihkan kondisi badan. Istirahat yang paling bagus adalah tidur. Anak yang tidur dengan cukup akan merasakan rileks sehingga otaknya dapat berfungsi dengan maksimal.

Tetapkan waktu tidur yang bagus jangan terlalu banyak juga jangan terlalu sedikit. Konsisten dalam jam tidur akan membantu anak untuk tetap fokus dalam kegiatan sehari hari.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa anak yang jam tidurnya kurang cenderung melakukan hal hal yang tidak baik selama dia ada di luar rumah.

Tidur mempengaruhi aspek kognitif anak, termasuk memori anak, perhatian dengan lingkungan, cara mengambil keputusan, dan cara memecahkan masalah.

2. Sering ajak berdoa bersama

Cara mendidik anak agar cerdas sejak dini yang pertama yaitu mengajaknya berdoa bersama. Berdoa akan mengajarkan anak bahwa semua yang dia miliki adalah karunia dari Tuhan.

Bund ajak anak beribadah rutin yaa, demi kebaikan dia dan juga bunda pasti senang kalau anak rajin beribadah. Yang memberi kecerdasan pada anak adalah Tuhan jadi mohonlah kepada-Nya agar diberi anak yang cerdas dan pintar.

Berdoa tidak hanya melatih kognisi anak dalam menghafalkan doa doa yang harus dibaca tapi juga membantu perkembangan psikologi rohaninya.

3. Berikan ASI eksklusif 6 bulan pertama

Sudah banyak penelitian bahwa kandungan nutrisi pada ASI tidak akan ada yang menandinginya. Yaa ASI ada untuk menjamin makanan pada bayi yang baru lahir. Berikan ASI selama 6 bulan pertama dikehidupanya jangan beri makanan yang lain dulu.

ASI akan memberikan kekebalan tubuh yang bagus untuk imunitas anak jadi anak tidak mudah terserang penyakit. ASI juga dapat meningkatkan kecerdasan otak anak. ASI bersifat bebas bakteri dan sangat cocok untuk bayi.

Dengan menyusui kedekatan antara bayi dan bunda akan semakin erat, berbeda dengan bayi yang tidak diberi ASI, kedekatannya tidak seintim ASI eksklusif. Selain itu dengan menyusui secara otomatis hormon kebahagiaan bunda akan meningkat.

Nahh satu rahasia nihh, kalau bunda masih tahap menyusui anak bunda butuh informasi ini nihh, Buah yang baik untuk ibu menyusui agar bayi cerdas dan gemuk. Setiap buah ada manfaatnya sendiri yaa bund.

4. Beri pujian yang membuatnya percaya diri

cara mendidik anak agar cerdas
Cara mendidik anak agar cerdas

Cara membuat anak pintar dan cerdas berikutnya yaitu beri dia pujian. Memberi pujian pada anak tidak ada ruginya yaa bund malah bisa menambah dia bersemangat untuk melakukan aktivitas lainnya. Contoh nihh,

“..kakak cantik ambilin kacamata di meja yaa”

“oohhh adik pinter dehh kalau bangun pagi langsung sholat”

“Wahhh nilai kakak 70 yaa, hebat itu pasti ulangan selanjutnya kakak dapat nilai yang lebih baik, kakak kan sudah berusaha”

Pujian yang diberikan pada anak akan membuat dirinya menjadi lebih percaya diri. Dia merasa orang disekitarnya percaya dengan kemampuan yang dimiliki. Terus beri pujian yaa bunda kalau si kecil berbuat kebaikan.

5. Temani saat dia menonton TV

Bund tau sendiri kan acara di TV sekarang ini, acaranya banyak yang tidak mendidik dan cenderung mengarah pada perbuatan negatif seperti pacaran, sinetron yang berkepanjangan, dan lainnya.

Awasi terus saat anak menonton TV karena kita tidak dapat mengendalikannya, bila perlu beri jam khusus untuk anak menonton TV. Biasanya anak tidak mau lepas dari TV, tapi jaman yang modern sekarang ini, TV tergeser dengan Youtube.

Anak anak yang sudah tau internet dan suka browsing, bunda harus mengawasinya, di Youtube tidak ada sensor film seperti di TV yaa bund. Itu lebih berbahaya lagi, anak bisa menonton kekerasan, darah, perkelahian, saling marah marah, bahkan sampai pada pornografi.

6. Beri asupan minyak ikan

Masa pertumbuhan anak membutuhkan nutrisi yang cukup. Untuk meningkatkan kecerdasarn otak anak, anak perlu diberi asupan Omega 3. Omega 3 berasal dari berbagai macam makanan salah satunya minyak ikan salmon. Manfaat minyak ikan salmon untuk kesehatan dan kecerdasan anak ternyata luar biasa.

Pernah ada penelitian yang diterbitkan pada jurnal Pediatrics tahun 2003 yang menunjukan bahwa minyak ikan salmon dapat membantu perkembangan kognitif anak.

Peningkatan kecerdasan anak karena adanya rangsangan dari Omega 3 dan DHA yang ada di minyak ikan salmon. Mengkonsumsi rutin minyak ikan salmon dapat membantu anak tidak mudah lupa dan menjadi leih cerdas.

7. Jawab pertanyaan anak serasional mungkin

Cara mendidik anak agar cerdas yang terakhir kita bahas yaitu jawablah segala pertanyaan anak dengan jawaban yang serasional mungkin. Pasti tau yaa anak usia balita pasti banyak mengeluarkan pertanyaan pertanyaan aneh, apapun yang dia lihat akan dia tanyakan.

Inilah saatnya memberitau mereka tentang kejadian yang baru saja dia lihat. Sebagai contoh anak bertanya,

“mahh, kenapa gulanya manis beda sama garam yang asin?”

Jangan dijawab “sudah dari sononya gula itu manis” jangan yaa bund. Beri jawaban yang rasional, seperti,

“Gula manis karena terbuat dari sari tebu, nahh didalam tebu ada zat pemanis itulah yang membuat gula menjadi manis.”

Begitu yaa bund, walaupun bunda nanti bakal capek karena pasti akan muncul pertanyaan lanjutan tapi saat itulah si anak akan menerima banyak ilmu dari bunda nya. Semangat terus yaa bund.

 

Bagaimana bunda tentang cara mendidik anak agar cerdas??

Jangan lupa dipraktekan yaa

Anak cerdas ibu puass

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?