anak kucing baru lahir makan apa
anak kucing baru lahir makan apa

Kucing Lucu ini Akan Tetap Hidup Walau Tidak Ada Induknya

Posted on

Sebelumtidur.com – Duhh gemesnya liat anak kucing yang lucu lucu yaa. Ternyata merawat anak kucing baru lahir itu membuat seseorang menjadi lebih tanggung jawab. Yaa karena induk si kucing sudah pergi meninggalkan anak anaknya.

Cara merawat anak kucing yang baru lahir tanpa induk harus berhati hati karena kucing belum bisa makan sembarang makanan. Coba bayangkan kucing baru lahir diberi daging ayam yaa cuma dibiarkan saja, bayi kucing belum mampu memakan makanan yang keras.

Lalu anak kucing baru lahir makan apa yaa? Nahh penasaran? Yukk langsung simak cara merawat anak kucing baru lahir biar kamu tau semuanya.

Merawat Anak Kucing Baru Lahir

Tau gak kalau ternyata memberi susu kemasan pada bayi kucing malah bisa membuatnya menjadi mati? Yaa kadang banyak yang berfikir bahwa kucing baru lahir minumnya susu, terus ketika induk sudah gak ada kita belikan tuhh susu instan buat kucing.

Padahal usus kucing yang baru lahir itu tipis banget jadi kalau diberi susu instan bisa membuat ususnya panas dan akhirnya kucing akan mati. Gak mau kan kucing lucu itu mati sia sia? 

Makanya kali ini kita akan bahas cara merawat anak kucing yang baru lahir tanpa induk,

1. Tempatkan kucing pada tempat yang nyaman

merawat anak kucing baru lahir
Merawat anak kucing baru lahir

Kucing yang baru lahir biasanya akan merasakan kedinginan, jadi berikan dia tempat yang nyaman dan hangat untuk dia beristirahat. Bisa menggunakan potongan handuk atau kain lainnya yang memiliki tekstur lembut.

Kucing yang ditinggal induknya dia akan merasa kehilangan kehangatan yang diberikan oleh induknya. Usahakan beri kandang khusus untuk dia dan beri kenyamanan dengan mengatur suhu yang tidak dingin dan tidak juga panas.

Selain handuk bekas bisa juga menggunakan selimut yang sudah terpakai lagi. Selimut ini akan membantu dia menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungannya.

2. Membersihkan kotoran mata pada kucing

Biasanya kucing yang baru lahir akan memiliki banyak kotoran di daerah sekitar mata. Kotoran ini akan membuatnya kesusahan untuk membuka mata, dan jika tidak dibersihkan lama lama kotoran di mata kucing akan semakin banyak.

Biasanya induk kucing akan menjilati mata anak anaknya agar bersih tapi yaa nasib si anak kucing gak punya induk. Cara membersihkannya kamu bisa mengambil lap lalu kamu kasih air hangat lalu mengelap matanya secara perlahan. Lap dari atas ke bawah.

Bisa juga membersihkannya dengan tisu basah. Mungkin untuk beberapa orang yang tidak suka dengan binatang akan merasa jijik dengan muka kucing yang penuh dengan kotoran, tapi tolong bersihkan yaa, kan kasian tuhh anak kucing yang udah piatu

3. Menyediakan box yang berisi pasir untuk buang kotoran kucing

Memang sihh anak kucing belum bisa pup di tempat yang disediakan tapi setidaknya sediakan dulu tempat untuk mewadahi pup kucing. Kotak boks ini bisa kamu isi pasir agar pup tidak mengotori wadahnya.

Pasir yang dipilih bisa dengan pasir biasa yang digunakan untuk bahan bangunan atau pasir wangi yang bisa kamu beli di toko hewan di dekat rumah kamu. Ehh kira kira tempat nongkrong di Solo ada yang ngijinin kucing buat masuk kafe gak yaa?

Jangan lupa membersihkan boks kotoran kucing ini dengan rutin yaa karena kalau tidak dibersihkan selain ada banyak penyakit yang bersarang disana, bau yang ditimbulkan akan menyengat dan akan membuat kamu jadi risih.

4. Memberi susu khusus untuk kucing baru lahir

cara merawat anak kucing yang baru lahir tanpa induk
Cara merawat anak kucing yang baru lahir tanpa induk

Seperti yang dibahas pada awal bagian ini, memberi susu pada kucing sebagai pengganti susu dari induknya. Susu memberi nutrisi yang dibutuhkan kucing untuk terus hidup. Karena di awal kelahiran kucing hanya mampu minum air susu, kucing belum bisa makan sembarangan.

Pemilihan susu yaitu susu yang sudah diramu khusus untuk diberikan pada kucing. Bisa kamu beli di toko hewan. Susu khusus kucing ini diwadahi dalam botol khusus pula untuk diberikan pada kucing. Sekarang ada loo empeng untuk kucing, yaa karena peminat kucing makin banyak.

Alasan dilarang menggunakan susu yang biasa untuk bayi manusia yaitu, di dalam susu formula ada kandungan lakstosa. Laktosa akan memberikan efek panas pada perut kucing, mengingat usus kucing memang lebih lembut dari bayi manusia.

5. Pijat perut kucing agar dia bisa PUP

Biasanya induk kucing akan menjilati bagian perut kucing tapi karena keadaan induk yang tidak ada jadi kamu yang bertugas untuk mengelus elusnya. Caranya bisa kamu elus elus langsung atau menggunakan kapas yang sudah dibasahi.

Fungsi dari pemijatan perut kucing bagian dalam ini selain agar anak kucing mau pup juga agar organ organ genitalnya terangsang untuk berkembang.

Pemijatan yang halus dimulai dari bagian atas perut lalu turun ke bagian bawah perut.

Memijat perut kucing ini kamu juga bisa mendekatkan diri padanya, coba kamu rasakan bulu bulu halus itu di jari jari mu. Kelembutan kulit kucing akan membuatmu merasa ikut memiliki kucing tersebut.

6. Melatih anak kucing untuk bergerak

Ketika anak kucing sudah mulai tumbuh latih dia unutk bergerak, ajak bermain main dan juga sering sering menyentuhnya. Naluri anak kucing adalah bermain main, jadi bisa juga dengan membuat alat untuk mengajaknya bermain.

Duhh lucu banget pasti yaa kalau liat kucing yang masih kanak kanak itu lari kesana kemari mengikuti instruktur kamu. Belum lagi kalau dia loncat loncat serasa dia bodoh banget karena mau nurut padahal ha haa emang dia suka bermain main.

Merawat kucing ternyata bisa jadi cara mengusir tikus di rumah yang ampuh loo, tikus takut dengan suara kucing, yaa memang sekarang masih bayi besok kalau dia sudah besar pasti suaranya udah besar juga.

7. Cari induk angkat untuk kucing

Saat kamu tidak mau merawat anak kucing, mungkin karena kamu  tidak tau cara merawat anak kucing yang baru lahir tanpa induk kamu bisa mencarikan ibu tiri untuk kucing tersebut.

Yaa biasanya indukan kucing lain mau kok untuk ikut merwat bayi yang dititipkan pada dirinya, dia juga akan memberikan perhatian pada anak angkat kucing.

Kelebihan dari cara ini yaitu kucing bisa mendapatkan sentuhan indukan kucing beneran bukan dari tangan manusia, memang sihh dia nanti akan berebut menyusu dengan saudaranya tapi susu itu lah yang tepat untuk kucing itu.

 

Nahh gitu yaa sobat sebelumtidur.com tentang cara merawat anak kucing baru lahir, yukk sayangi kucing, karena Rosulullah juga menyukai kucing.

 

“Seorang wanita dimasukkan kedalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai” (HR. Bukhari).

Gak mau jadi wanita seperti itu kan? Makanya yukk merawat anak kucing baru lahir yang ditinggal induknya.

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?