Sholat Itu Lebih Baik Daripada Tidur
Sholat Itu Lebih Baik Daripada Tidur

Fakta Sholat Itu Lebih Baik Daripada Tidur, 3 Keutamaan Sholat Subuh

Posted on

Sebelumtidur.com – Ash-shalaatu khairum minan naum, sholat itu lebih baik daripada tidur dalam bahasa arab. Sering kita dengarkan kumandang adzan pagi untuk menunaikan sholat subuh. Mengapa terasa berat saat bangun di pagi hari? Cenderung lemas dan malas?

Menurut penelitian sholat itu lebih baik daripada tidur karena dapat mencegah terjadinya pernyakit kardioviskular atau penyakit penyempitan pembuluh darah. Kenapa bisa begitu??

Nahh lebih baik simak pembahasan bahwa sholat itu lebih baik daripada tidur berikut ini.

Sholat Itu Lebih Baik Daripada Tidur

Kumandang adzan subuh yang berbeda dari adzan di sholat lain seperti memberi penekanan bahwa sholat itu lebih baik daripada tidur.

Suatu malam Sahabat Abdullah bin Zaid bin Abdi Rabbah ra bermimpi bertemu seseorang yang mengajarkan cara adzan dan iqamah. Keesokan paginya, Abdullah bin Zaid datang kepada Rasulullah SAW dan menceritakan mimpinya. Rasulullah bersabda,
إِنَّهَا لَرُؤْياَ حَقٍّ
“Sesungguhnya (yang demikian) itu mimpi yang benar.” (HR Ahmad dan Abu Daud, disahihkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Khuzaimah)

Bermula dari sahabat yang berdiskusi untuk mencari cara agar umat muslim pada zaman Rosulullah SAW dapat berkumpul untuk melaksanakan sholat wajib secara berjamaah.

Ada yang usul dengan membunyikan lonceng, tapi cara itu tidak disetujui para sahabat, karena cara itu seperti cara umat Nasrani. Ada yang usul dengan meniupkan terompet tapi usul ini juga tidak disetujui karena seperti umat Yahudi.

Dari mimpi sahabat Abdullah bin Zaid bin Abdi Rabbah ra itulah mulai dirumuskan suatu lafadz untuk memberikan seruan kepada umat muslim agar sholat berjamaah.

Sholat Itu Lebih Baik Daripada Tidur
Sholat Itu Lebih Baik Daripada Tidur

Sholat Itu Lebih Baik Daripada Tidur Dalam Bahasa Arab

Sholat itu lebih baik daripada tidur dalam ahasa arab yaitu

اَلصَّـلاَةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ

Shalat itu lebih baik daripada tidur.

Ada pembahasan yang menjawab suatu pertanyaan, kenapa sholat dibandingkan dengan tidur? bukan dengan bangunlah untuk melakukan sholat. Banyak pertanyaan yang membutuhkan jawaban yang mendetail.

Mengerjakan sholat lebih baik daripada tidur, diqiyaskan dengan tidur karena tidurnya orang beriman itu sebagian dari ibadah.

Sholat itu lebih baik daripada tidur artinya bangun untuk menunaikan sholat lebih baik daripada istirahat yang diperoleh dengan tidur.

Seorang ulama bernama As-Syihab al-Qolyuby berkata kata sholat itu lebih baik daripada tidur dalam kalimat adzan, menandakan bahwa tidur disejajarkan dengan sholat dalam meraih kebaikan. Kebaikan tersebut dibagi menjadi 2 hal, yaitu:

  • Tidur bernilai ibadah, tidur juga digunakan sebagai wasilah (penolong) untuk menjalani ketaatan saat terjaga nanti dan tidur dengan tujuan agar terhindar dari perbuatan maksiat.

 

  • Tidur adalah bentuk istirahat di dunia sedangkan sholat adalah bentuk istirahat di akhirat. Esok di akhirat akan lebih tenang karena istirahat di akhirat lebih penting dari pada istirahat di dunia.

Sholat Itu Lebih Baik Daripada Tidur Dalam Segi Kesehatan

Rasa malas dan lemas saat baru bangun dari tidur untuk memulai aktivitas disebabkan karena pembuluh darah ke otak menyempit sehingga aliran darah ke seluruh tubuh menjadi terhambat.

Pada saat lemas ini sel-sel trombosit berkumpul dan bergabung menjadi trombus. Trombus adalah penyebab utama dari penyempitan pembuluh darah di otak dan jantung yang bisa mengakibatkan seseorang terkena gangguan serebrovaskular.

  • Gangguan ini bisa dicegah dengan zat yang bernama NO (Nirit Oksida). Zat ini diproduksi saat tubuh beristirahat bahkan saat seseorang tertidur lelap. Tapi zat ini juga diproduksi saat bergerak.

 

  • Aktivitas pagi hari seperti bangun pagi dan segera membereskan tempat tidur, berwudhu, dan bergerak bersiap diri, serta berjalan menuju masjid akan meningkatkan aktivitas NO dalam pembuluh darah.

Hasil penelitian farmakologi dari Furchgott, Ignaro, dan Murad juga membuktikan bahwa gerakan sholat subuh seperti ruku’ dan sujud juga dapat meningkatkan aktivitas NO dan mencegah terbentuknya trombus.

Pasukan oksigen juga akan meningkat seiring meningkatnya aktivitas gerakan tubuh dalam melakukan kegiatan di pagi hari. Jadi jangan ragu lagi yaa untuk bangun pagi dan sholat subuh berjamaah di masjid.

Sholat Itu Lebih Baik Daripada Tidur
Sholat Itu Lebih Baik Daripada Tidur

Keutamaan Sholat Subuh

Sholat itu lebih baik daripada tidur, yaitu sholat subuh di pagi hari. Banyak yang merasa berat untuk melaksanakan sholat subuh secara berjamaah, tapi keutamaan besar yang ada di sholat subuh ini pasti akan menggiurkan dan seakan-akan surga ada di depan mata.

Berikut ini keutamaan sholat subuh:

1. Sholat Subuh Berjamaan Seperti Sholat Semalam Suntuk

Pernahkah sahabat melakukan sholat semalam suntuk?? Betapa lelahnya jika benar-benar itu dilakukan. Tapi dengan melakukan sholat subuh berjamaah kita akan mendapatkan pahala yang setara dengan sholat semalam suntuk, seperti sabda Rosulullah SAW.

Barang siapa yang melaksanakan shalat isya’ secara berjamaah maka ia seperti shalat malam separuh malam. Dan barang siapa melaksanakan shalat subuh secara berjamaah maka ia seperti shalat malam satu malam penuh.” (HR.Muslim)

2. Penyelamat Dari Api Neraka

Api neraka adalah sepanas panasnya api. Ketika kaki menginjaknya maka otak akan mendidih dalam waktu bersamaan. Bukankah sangat dahsyat siksa api neraka itu??

Dengan melaksanakan sholat subuh berjamaah akan dijaga dirinya dari siksa api neraka, seperti sabda Rosulullah SAW berikut ini.

 “Tidak akan masuk neraka, orang yang melaksanakan shalat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelamnya.” (HR.Muslim)

3. Sholat Subuh Lebih Baik Dari Dunia Dan Seluruh Isinya

Sungguh besar pahala sholat subuh berjamaah hingga dunia yang kita tempati ini kalah. Bayangkan saja dunia ini sebesar apa ditambah dengan segala isinya. Banyak orang yang mengejar dunia hingga lupa akhiratnya.

 “Dua rakaat shalat subuh, lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR.Muslim dan Ahmad)

Dua rakaat itu lebih aku sukai daripada dunia seluruhnya.” (HR.Muslim)

Dua sabda Rosulullah yang memberi keterangan bahwa sholat itu lebih baik daripada tidur. Sholat subuh lebih utama dari pada tetap tidur.

 

Sudahkah Sholat Subuh Hari Ini ??

Advertisements

One thought on “Fakta Sholat Itu Lebih Baik Daripada Tidur, 3 Keutamaan Sholat Subuh

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?