sifat yang dibenci allah
Sifat yang dibenci allah

7 Sifat yang Dibenci Allah SWT dan Rosulullah SAW

Posted on

Sebelumtidur.com – Manusia merupakan makhluk yang sering berbuat salah dan lupa. Tapi ada juga manusia yang sengaja melupakan padahal sudah diperingatkan. Sifat yang dibenci Allah ini akan menggiring manusia menuju lubang neraka.

Perbuatan yang dibenci Allah ada berbagai macam, yang ternyata manusia  lalai dan sering melakukan kesalahan yang berulang ulang padahal kesalah tersebut termasuk dalam dosa besar. Sering melakukannya sehingga amal perbuatannya akan habis untuk menebus segala dosa dosa yang telah diperbuat.

Yukk kita hindari sifat manusia yang dibenci Allah, karena tujuan utama kita hidup adalah untuk beribadah kepada-Nya dan mencari ridho-Nya disetiap jalan yang kita lalui. Kali ini kita akan membahas tentang sifat yang dibenci Allah, mau tau apa saja? Ini penjelasannya.

Sifat yang Dibenci Allah SWT

Di dalam Alquran sudah dijelaskan berbagai sifat yang dibenci Allah, selain itu dipertegas lagi dengan hadits hadits Rosulullah. Jangan sampai yaa sobat kita memiliki sifat yang dibenci Allah ini,

1. Orang Kaya yang Kikir

perbuatan yang dibenci allah
Perbuatan yang dibenci Allah

Orang yang kikir tidak akan pernah mau tau dengan keadaan lingkungannya, rasa takut hartanya akan berkurang jika dia keluarkan akan selalu membayangi dirinya. Ingat sobat ketika seseorang mati dia akan diantar 3 perkara dan ditinggalkan 2 perkara.

3 perkara yang mengantarnya yaitu hartanya, keluarganya, dan amalnya. Sedangkan yang meninggalkan yaitu perkara harta dan keluarga, jadi dia akan ada di alam kubur bersama amalnya. Yaa kalau ada amal kalau tidak bagaimana??

Sungguh mengerikan ketika amal seseorang habis karena sifat kikir saat di dunia. Tidak mau sedekah dan terlalu cinta dengan hartanya. Allah membenci sifat kikir ini.

2. Ketamakan Ulama

Ulama menjadi panutan masyarakat luas, tapi bagaimana dengan ulama yang tamak? Sebagai contoh seorang ulama yang mematok harga tertentu saat dia berdakwah. Bolehlah dia mematok harga tapi sewajarnya, bukan memberatkan, apalagi kalau dia ulama yang terkenal.

Sepertinya tidak etis jika seorang ulama menghargai dirinya dengan uang. Apakah ada ulama seperti itu? Jelas ADA. Semoga Allah senantiasa mengingatkan beliau agar sadar bahwa ulama yang tamak itu adalah sifat yang dibenci Allah.

3. Bermalas Malasan pada Kaum Muda

Ingatkah kita pada petikan dari presiden pertama Indonesia yaitu Bung Karno,

Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia

Pemuda memiliki fisik yang kuat selain dari tekad dan niat yang kuat, pemuda memiliki idealis yang tinggi jadi ketika dia bergerak tidak memikirkan pamrih yang penting tujuan yang baik harus tercapai. Tapi bagaimana dengan pemuda yang pemalas?

Allah membenci pemuda yang bermalas malasan, hendaknya pemuda dapat membangun peradaban masyarakatnya, minimal berbuat baik dan tidak membuat orang lain merugi karenanya. Bangun ekonomi yang syariah, tegakkan perintah Allah, dan selalu menjunjung keadilan.

4. Kedzaliman Penguasa

sifat manusia yang dibenci allah
Sifat manusia yang dibenci Allah

Kita sudah banyak diingatkan dengan kisah raja raja yang zalim dengan nabi utusan Allah. Salah satunya Firaun yang mengaku sebagai tuhan dan penguasa, menzalimi seluruh rakyatnya dan bertindak tidak adil, bahkan berusaha untuk membunuh nabi.

Penguasa memegang peranan penting untuk membuat keputusan untuk mengatur urusan masyarakatnya. Penguasa yang zalim adalah sifat yang dibenci Allah. Ada satu pertanyaan nihh sobat, pernahkah kita mendoakan para pemimpin kita di negara ini?

Doakanlah mereka agar mereka selalu berada di jalan yang lurus, bukan malah ujaran kebencian kepada mereka. Setiap manusia memang memiliki salah jadi bersama memperbaiki diri adalah jalan yang terbaik. Bisa jadi penguasa yang zalim memiliki ciri ciri orang yang akan tinggal di neraka.

5. Wanita yang sudah Tidak Punya Malu

Perbuatan yang dibenci Allah selanjutnya adalah wanita yang sudah tidak memiliki malu. Tau tak kalau malu adalah sebagian dari iman? Yaa malunya wanita adalah identitasnya. Wanita menjadi simbol kecantikan tapi bagaimana kalau cantiknya itu diumbar sampai banyak lelaki yang nafsu syahwatnya muncul karena perbuatannya.

Malu itu harusnya ada dalam diri wanita, maksudnya malu dalam perkara yang maksiat. Malu kalau tidak memakai jilbab, malu kalau berduaan dengan laki laki, malu kalau pakaian yang dikenakan membuka auratnya.

Rasa malu yang sudah tidak ada akan menggiring wanita ke lubang zina, sekarang sudah banyak kisah tentang orang yang hamil di luar nikah. Karena apa? Yaa karena rasa malu itu sudah mulai perlahan hilang.

“Dan katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluan-nya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.”  (Q.S An-Nur: 31)

6. Riya pada Orang Ahli Ibadah

Riya memang menjadi sifat manusia yang dibenci Allah, riya dalam hal apapun, bisa jadi hartanya, prestasinya, postur fisiknya, atau apapun itu. Apalagi kalau seorang ahli ibadah yang mengunggulkan ibadahnya. Sombong dengan yang dia lakukan.

“…semalam saya sholat tahajud sampai kaki saya lebab semua, iyaa berapa rekaat yaa semalam tuh kalau gak salah sampai 18 rekaat, ayah yang ngimamin, tapi alhamdulillah yaa bisa buat celengan di akhirat nanti…”

Salah satu petikan orang yang melakukan ibadah tapi mengumbarnya. Cukuplah Allah dan dirinya yang tau tentang ibadah yang dilaksanakan, belum tentu juga ibadah yang dilakukan itu diterima oleh Allah. Semoga cepat sadar yaa. aamiin.

7. Cinta Dunia pada Usia Tua

Sifat yang dibenci Allah terakhir yang dibahad kali ini yaitu ketika orang yang sudah tua meningkat kecintaannya terhadap dunia.

Hati orang tua selalu muda dalam dua hal: yang pertama dalam cinta dunia, dan yang kedua panjang angan-angan.(Muttafaq ‘alaih – Misykat)

Cinta dunia bisa membuat orang menjadi lupa akan kematian, padahal setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati. Manusia selalu dikelilingi dengan godaan duniawi, tergelincir sedikit saja akan membawanya menuju penyesalan yang tiada akhir.

 

Bagaimana sobat sebelumtidur.com tentang perbuatan yang dibenci Allah semoga kita selalu diingatkan dan dihindarkan dari sifat manusia yang dibenci Allah, aamiin yaa robbal’alamin.

Advertisements

One thought on “7 Sifat yang Dibenci Allah SWT dan Rosulullah SAW

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?