tanaman pembawa keberuntungan
Tanaman pembawa keberuntungan

Tanaman Pembawa Keberuntungan, No. 7 Kamu Nggak bakal Menduga !!

Posted on

Sebelumtidur.com – Emang ada yaa tanaman pembawa keberuntungan? Atau mungkin sejenis tanaman pembawa kekayaan? Tanaman pembawa keberuntungan di dalam rumah saat ini banyak dicari orang, bukan bermaksud syirik yaa tapi yang namanya orang berusaha untuk mendapat keberuntungan.

Tau gak kalau keberuntungan itu sebenarnya bukan datang dengan sendirinya? Yaa. Keberuntungan sebenarnya adalah buah dari perbuatan baik kita. Contoh nihh misal kamu menolong orang, bukan berarti kamu langsung mendapat balasan yaa.

Kamu ingat ada malaikat yang selalu mengikuti kamu kemana pun kamu berada? Yaa. Malaikat Rokib yang bertugas mencatat amal baik, dan malaikat Atid yang mencatat amal buruk. Jadi setiap amal baik yang dilakukan selalu tercatat dengan rapi.

Setelah melakukan perbuatan baik suatu saat nanti kamu akan mendapat balasan yang baik pula, walaupun lewat orang lain atau perantara lain, nahh kadang orang menyebutnya dengan keberuntungan. Kejadian ini seperti firman Allah,

“Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (An-Nahl: 97)

Nahh seperti kebaikan yang bertingkat yaa sobat, begitu pula dengan kejahatan yang pernah kita perbuat, suatu saat ada balasannya. Jadi hati hati yaa, yukk sekarang kita bahas tanaman pembawa keberuntungan di dalam rumah,

Tanaman Pembawa Keberuntungan

Rumah penuh dengan tanaman yang tertata rapi serta ada berbagai warna yang menghiasi sepertinya membuat hati semakin tenang yaa. Selain bermanfaat untuk memperkaya jumlah oksigen di rumah, tanaman tanaman ini juga “katanya” bisa jadi tanaman pembawa kekayaan atau keberuntungan.

Berikut ini daftarnya..

1. Kurma

tanaman pembawa kekayaan
Tanaman pembawa kekayaan

Barangsiapa memakan tujuh butir kurma ajwah di pagi hari, maka racun dan sihir tidak akan membahayakannya pada hari itu“. (H.R. Bukhari)

Yaa. Kurma bisa jadi tanaman pembawa keberuntungan  karena kurma adalah salah satu makanan yang sering dikonsumsi Rosul dan beliau juga pernah bersabda tentang khasiat kurma tersebut.

Tapi bukan berarti cuma makan kurma aja terus beruntung yaa, sebagai manusia biasa harus melakukan usaha untuk mendapatkan rezeki yang halan dan terus berbuat baik dengan mengamalkan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Beberapa manfaat buah kurma untuk kesehatan yaitu bisa memperkuat tulang, membantu pemulihan pada gangguan usus, zat besi yang tinggi bisa membantu penyembuhan anemia, dan ternyata kurma bisa menaikan berat badan, jadi bagi kalian yang banyak makan tapi tidak bisa gemuk, kurma bisa jadi solusinya yaa.

2. Bidara

Hendaklah salah seorang di antara kalian mengambil air dan daun bidara kemudian bersuci dengan sempurna kemudian menyiram kepalanya dan menyela-nyelanya dengan keras sampai ke dasar rambutnya kemudian menyiram kepalanya dengan air. Kemudian mengambil sepotong kain (atau yang semisalnya-pent.) yang telah diberi wangi-wangian kemudian dia bersuci dengannya.(H.R. Muslim)

Daun bidara pada zaman nabi digunakan untuk bersuci, mereka merendam daun bidara ke dalam air lalu menggunakannya untuk membersihkan badan.

Pohon bidara berasal dari Sudan yang merupakan pohon cemara tropis. Tanaman ini sering tumbuh pada dataran rendah, bisanya dulu digunakan pula untuk diet dan bahan herbal untuk pengobatan. 

Pohon bidara ternyata memiliki manfaat di bidang medis yang bagus, diantaranya melancarkan peredaran darah, membersihkan darah, dan menghilangkan racun. Jadi tidak salah yaa ternyata pohon ini memiliki khasiat yang baik jadi bisa membawa keberuntungan.

3. Buah Tin

Buah tin sudah terkenal untuk kalangan kamu muslim. Buah tin memiliki nutrisi lengkap, vitamin dan mineralnya cukup baik. Buah tin juga disebut sebagai super nutrition. Namun saat ini masyarakat Indonesia masih jarang yang mengkonsumsinya.

Allah berfirman yang artinya,

Demi buah tin dan buah zaitun, demi gunung thursina.” (At Tin: 1-2)

Dalam Alquran sudah menjelaskan bahwa buah tin adalah spesial karena disebut dalam firman Allah. Buah tin memiliki beragam manfaat untuk kesehatan diantaranya untuk mengobati yang susah BAB, mengobati luka, melancarkan haid, dan ternyat bisa meredakan encok, seperti hadits Rosulullah berikut ini,

Rasulullah telah diberi hadiah satu wadah buah tin, kemudian Nabi Bersabda , ” Makanlah!” Lalu beliau pun memakannya dan berkata, ‘Jika engkau berkata, ‘ ada buah yang diturunkan dari surga, ‘ maka aku bisa katakan, ‘ inilah buahnya, karena sesungguhnya buah surga tanpa biji. ‘Oleh karena itu, makanlah, karena buah tin ini dapat menyembuhkan wasir dan encok.” (H.R. Abu Darda).

4. Habbatussauda

tanaman pembawa keberuntungan di dalam rumah
Tanaman pembawa keberuntungan di dalam rumah

Habbatussauda adalah salah satu tanaman yang dapat mengobati segala macam penyakit, tapi ingat yaa ada satu penyakit yang tidak dapat disembuhkan yaitu kematian.

” Sesungguhnya Habbatus Sauda’ ini merupakan obat bagi setiap penyakit, kecuali saam. Aku bertanya, “Apakah saam itu?”. Beliau menjawab, “Kematian.” (H.R. Bukhari)

“Hendaklah kalian mengkonsumsi Habbatus Sauda’ , karena didalamnya terdapat kesembuhan dari setiap penyakit, kecuali saam. Sedangkan saam artinya kematian.” (H.R. Abu Huraira)

Habbatussauda adalah tanaman yang bisa tumbuh liar di semak belukar dan disebut salah satu tanaman tanpa musim, biasanya tumbuh di kawasan Afrika, Asia, dan Arab. Nama ilmiahnya Nigella Sativa, dengan tinggi tanaman sekitar 50 cm.

Buahnya mirip dengan kapsul di dalamnya terdapa benih yang berwarna putih dan berbentuk segi empat, warna putih akan segera berubah menjadi hitam ketika terkena udara.

Di dalam habbatussauda ada kandungan nigellon yang merupakan zat anti oksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas, sehingga tubuh akan terlindungi dari zat zat asing.

5. Inai/ Pacar

Inai ternyata memiliki sebutan yang berbeda beda di setiap daerah, seperti di Perancis namanya Henni, di Jerman namanya Kufros, sedangkan di Arab sendiri disebut dengan Hinna, Faghiyah, Hinan, dan Yuranna.

Tanaman inibiasanya digunakan untuk mewarnai kuku dan mempercantiknya, namun selain itu inai juga bermanfaat dalam bidang kesehatan. Inai dapat membantu meredakan sakit pinggang, bronkitis, gangguan menstruasi, radang mata, dan lainnya.

Inai ternyata juga bisa meringankan sakit kepala, seperti sabda Rosulullah berikut ini,

Celupkanlah kaki dengan inai (H.R. Abu Daud) Rosulullah mengucapkannya ketika ada yang mengeluh sakit kepala.

Jadi tanaman yang bermanfaat banyak ini bisa disebut tanaman pembawa keberuntungan, tapi kamu juga harus sabar yaa kalau sedang menghadapi cobaan. Bukan menyalahkan tanamannya, mungkin usaha yang dilakukan kurang maksimal.

 

6. Talbinah

Biji barli tidak pernah dinomorduakan dari menu makanan keluarga Rosulullah”, Rosulullah bersabda, “Talbinah itu memberikan kelegaan hati penderita sakit dan menghilangkan kesedihan” (H.R. Tirmidzi).

Tanaman talbinah mungkin masih asing ditelinga kamu yaa, tanaman ini sejenis gandum yang biasa digunakan untuk bahan pembuat roti. Pernah juga ketika keluarga Rosulullah ada yang sakit maka akan dibuatkan sup barli dari biji talbinah ini.

Pada hadits diatas menyebutkan bahwa tanaman ini akan memberikan ketenangan hati. Bisa saja ketika seseorang memiliki hati yang tenang maka dia akan mudah mengerjakan segala urusannya. Kelapangan hati akan membuat orang terus merasa beruntung dan bersyukur dengan yang telah dimiliki.

7. Jahe

“Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe (yang berasal dari) sebuah mata air surga yang dinamakan salsabil. Dan mereka dikelilingi oleh pelayan-pelayan muda yang tetap muda.

Apabila kamu melihat mereka, kamu akan mengira mereka, mutiara yang bertaburan. Dan apabila kamu melihat di sana (surga), niscaya kamu akan melihat berbagai macam kenikmatan dan kerajaan yang besar”. (QS Al Insaan: 17-20).

Jahe?? Iyaa. Tanaman bumbu dapur yang biasa digunakan ibu ibu untuk memasak. Jahe bisa sebagai penyedap makanan sekaligus memiliki aroma yang khas sehingga enak dicium.

Tanaman jahe mengandung 1-4% minyak atsiri yang bermanfaat bagi tubuh dalm hal kesehatan. Jahe memiliki antimikroba yang mampu membunuh bakteri, bisa membunuh jamur, melawan peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghilangkan nyeri, dan melancarkan pencernaan.

 

Bagaimana sobat sebelumtidur.com tentang tanaman pembawa kekayaan yang disebut juga keberuntungan?

Tanaman pembawa keberuntungan di dalam rumah ini bisa kamu tanam yaa,

ingat harus dirawat kalau sudah meniatkan untuk menanamnya yaa.

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?