Tanda tanda gempa bumi
Tanda tanda gempa bumi

Kenali 3 Tanda Tanda Gempa Bumi Sebelum Anda Menjadi Korbannya

Posted on

Sebelumtidur.com – Gempa bumi menjadi bencana alam yang menakutkan, goncangan yang dahsyat tiba tiba datang dan meluluhkan semua bangunan. Korban berjatuhan sana sini, tidak hanya korban harta benda tapi nyawa juga menajdi taruhannya. Kenali Tanda Tanda Gempa Bumi Sebelum Anda Menjadi Korbannya.

Tanda tanda alam sebelum gempa bumi sudah ditunjukan sebenarnya cuma terkadang orang tidak peka dan menganggap hanya hal sepele. Memang terkadang seperti itu, sepele tapi berarti. Ada juga orang yang terlalu takut dan menganggap semua adalah tanda tanda gempa bumi.

Saat melihat ke langit ada yang aneh dengan bentuk awan, dia akan menyimpulkan kalau mau gempa. Memang sihh awan bisa menjadi pertanda tapi tak selamanya jika tidak dibarengi dengan tanda tanda yang lain. Yukk kita bahas tentang tanda tanda gempa bumi.

Tanda Tanda Gempa Bumi

Taukah kamu kalau sebenarnya gempa selalu ada dimana saja? Yaa bumi selalu bergejolak dan berubah tatanannya. Ada beberapa tanda tanda gempa bumi yang bisa dilihat di sekitar kita. Berikut ini ciri ciri tanda datangnya gempa bumi,

1. Terlihat awan gempa

awan gempa
Awan Gempa

Tanda tanda gempa bumi yang pertama yaitu terlihat ada awan yang terlihat lurus memanjang dengan arah vertikal. Awan ini terlihat seperti awan tornado yang menggulung gulung tapi ini hanyalah sekumpulan awan bukan angin tornado sungguhan.

Awan berbentuk sedemikian rupa karena ada gelombang elektromagnetis yang memiliki kekuatan besar di  dasar bumi. Gelombang elektromagnetis tersbut seakan menyedot awak ke arah bumi sehingga awan berbentuk lurus panjang seperti itu.

Pada Oktober 2004 ada awan yang berbentuk lurus vertikal seperti itu di Kobe Niigata Jepang. Setelah kemunculan awan gempa 4 jam kemudian di lokasi tersebut terjadi gempa.

Tapi perlu dicatat juga tidak semua awan yang berbentuk lurus vertikal bisa disebut awan gempa, karena bisa saja memang awan bentuknya seperti itu. Ini hanyalah sebagai tanda saja agar kita bisa waspada.

2. Menguji medan elektromagnetis

Tanda tanda gempa bumi
Tanda tanda gempa bumi

Melakukan pengujian medan elektromagnetis bukan dengan alat canggih dan sebagainya ya, karena tidak semua orang memiliki alat tersebut. Cara sederhana yaitu dengan mengecek siaran TV dan radio. Jika sinyal TV biasanya bening tiba tiba ada gangguan bisa jadi ada medan elektromagnetis yang mengganggu sinyal TV.

Bisa juga dengan mengecek lampu neon, jika lampu neon menyala walaupun sangat redup tapi tidak ada aliran listrik ini juga bisa menjadi tanda. Gelombang elektromagnetis saat akan terjadi gempa terasa sangat besar tapi tidak terlihat oleh mata manusia.

Gelombang elektromagnetis muncul karena ada patahan atau pergeseran lempeng bumi. Gelombang elektromagnetik yang dideteksi dengan alat sensor dia akan terlihat bahkan 30 hari sebelum adanya gempa.

Lima hari sebelum adanya gempa besar yang melanda Aceh dan sekitarnya pada tanggal 24 Desember 2004, ternyata pada tanggal 21 Desember 2004 terjadi penurunan jumlah total elektron di ionosfer yaitu lapisan atmosfer bumi pada ketinggian 325-350KM di daerah Sumatera yang jumlahnya cukup signifikan.

Gelombang elektromagnetik yang besar dan akhirnya terjadi gempa bisa disangkutkan bahwa ini menjadi Tanda Tanda Kiamat Besar segera datang. Jadi patut untuk diwaspadai.

3. Memperhatikan tingkah hewan dan air tanah

tanda tanda alam sebelum gempa bumi
Tanda tanda alam sebelum gempa bumi

Tanda tanda alam sebelum gempa bumi selain awan gempa dan juga gelombang elektromagnetik bisa juga melihat tanda tanda gempa bumi dengan tingkah laku dari hewan disekitar. Hewan memiliki insting yang lebih kuat dari manusia.

Hewan hewan yang tinggal di gunung tiba tiba turun dan bersikap aneh seperti gelisah. Hewan memiliki kemampuan untuk menditeksi suara dan gelombang yang ada disekitarnya. Kemampuan ini tidak dimiliki manusia.

Begitu pula dengan air tanah, Air yang biasanya penuh tiba tiba surut tidak seperti biasanya. Air yang surut bisa jadi tersedot ke area bumi yang bergeser.

Jika ke-3 tanda tanda alam sebelum gempa bumi itu terjadi secara bersamaan maka hendaknya segera mempersiapkan diri untuk mengevakuasi diri. Jika tinggal di area pantai dan tiba tiba ada gempa bumi yang dahsyat harus mempersiapkan diri bahwa akan terjadi tsunami. 

Ingatkah kita pada tsunami yang melanda Aceh, ternyata disana ada masjid yang tidak runtuh walaupun diterjang oleh tsunami yang dahsyat.

 

Nahh sudah paham yaa tentang tanda tanda gempa bumi, ada awan gempa yang aneh tiba tiba muncul, gelombang elektromagnetik yang kuat di area gempa, serta ada tingkah laku yang aneh dari hewan dan air tanah yang tiba tiba surut bisa jadi tanda gempa yang jelas.

Selalu waspada yaa..

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?