apa tujuan allah menciptakan manusia
Apa tujuan Allah menciptakan manusia?

Apa tujuan Allah Menciptakan Manusia? Berikut 2 Jawabannya

Posted on

Sebelumtidur.com – Segala sesuatu yang diciptakan Allah memiliki tujuan, bukan karena cuma cuma. Allah menciptakan langit dan bumi untuk ditempati manusia, selanjutnya apa tujuan Allah menciptakan manusia? Semut kecil yang diciptakan Allah juga memiliki tujuan lohh.

Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?(QS. Al Mukminun: 115).

Alasan Allah menciptakan manusia harus diketahui dengan benar, agar kita hidup di dunia ini tidak sia sia. Seperti kata pepatah yang mengatakan bahwa kita hidup di dunia seperti mampir ngombe”. Seperti ada perjalanan jauh lalu kita ada di dunia untuk singgah sementara waktu.

Apa Tujuan Allah Menciptakan Manusia ?

Dilansir dariberbagai sumber, tujuan Allah menciptakan manusia dapat dijawab dengan 2 hal, yaitu untuk beriman kepada Allah dan memanfaatkan alam semesta untuk beramal. Yukk kita simak lebih lanjut untuk pemabahasannya,

1. Beriman Kepada Allah

tujuan allah menciptakan manusia
Tujuan Allah menciptakan manusia

Allah menciptakan manusia dalam berbagai bentuk yang unik, tidak hanya unik dari segi fisik saja tapi juga dari pemikiran. Fisik beraneka ragam yang juga menunjukan tempat dia tinggal.

Coba kita bayangkan dari nabi Adam a.s dan ibu Hawa sekarang terlahir berjuta juta orang yang memiliki keunikan, dari warna kulit ada yang hitam, coklat, dan putih. Dilihat dari rambut ada yang berambut pirang, hitam, bergelombang, hitam, dan ada juga yang tidak memiliki rambut. Bahkan orang yang kembar saja juga berbeda.

Dari sisi pemikiran ada orang yang bodoh akademik tapi pintar dalam seni, ada yang ahli olahraga, ada yang ahli dalam memasak, ada juga orang yang pendiam, di lainnya ada orang yang super cerewet. Misalkan dunia dihuni orang dengan jenis yang sama pasti kita akan bingung membedakan, iyaa kan.

Allah menciptakan langit dan bumi untuk memperlihatkan kuasa-Nya. Tujuan Allah menciptakan manusia dengan berbagai bentuk rupa tersebut untuk beriman kepada-Nya. Seperti firman Allah,

“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepada-Ku (saja)(QS. Adz-Dzaariyaat: 56).

Alasan Allah menciptakan manusia tidak lain untuk beribadah dan menghambakan diri pada Allah. Beribadah dalam arti sempit adalah melaksanakan rukun Islam, yaitu syahadat, sholat, puasa, zakat, dan haji bagi yang mampu. Dalam arti luas ibadah adalah semua yang dilakukan untuk mendapat ridho Allah.

Bahkan tidurnya orang beriman adalah ibadah. Selanjutnya manusia akan dituntut pertanggungjawabannya terhadap kehidupan yang telah dia lalui seperti sabda Rosulullah SAW,

Kamu semua adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya tentang kepemimpinannya.” (HR. Bukhari)

2. Memanfaatkan Alam Semesta untuk Beramal

tujuan allah menciptakan manusia
Tujuan Allah menciptakan manusia

Apa tujuan allah menciptakan manusia selanjutnya? Sesuai firman Allah,

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.”

Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?”

Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”.” (QS Al Baqarah : 30)

Tujuan Allah menciptakan manusia yang selanjutnya yaitu agar manusia memanfaatkan alam semesta dan menjadi khalifah di bumi. Apa yang disebut dengan khalifah?

Khalifah di bumi bagi manusia yaitu, manusia mendapat tugas untuk mengatur, memanfaatkan, menggunakan dengan semestinya untuk apa saja yang ada di bumi seperti tumbuhan, hewan, air, udara, dan segalanya.

Perintah Allah untuk memakmurkan bumi sebagai tempat tinggal manusia adalah alasan Allah menciptakan manusia. Segala yang diciptakan Allah digunakan untuk kemaslahatan manusia. Allah juga mengajarkan manusia tentang nama nama benda di bumi.

Bagaimana sobat sebelumtidur.com tentang tujuan Allah menciptakan manusia? Semoga bermanfaat yaa.

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?