Amalan Malam Jumat
Amalan Malam Jumat

3 Amalan Malam Jumat Yang Sesuai Sunah Rosulullah SAW

Posted on

Sebelumtidur.com – Jumat adalah hari yang istimewa bagi umat muslim, bisa disebut juga jumat adalah hari raya setiap sepekan. Terdapat amalan amalan malam Jumat yang sesuai dengan sunah Rosulullah SAW.

Hari terbaik di mana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat”. (H.R Abu Hurairah)

Hari Jumat disebut sayyidul ayyam atau hari yang baik walaupun setiap hari adalah hari yang baik tetapi hari Jumat memiliki makna yang istimewa. Pada artikel ini kita akan membahas amalan malam Jumat sesuai sunnah Rosulullah SAW di malam jumat.

Amalan Malam Jumat

Amalan malam Jumat dan hari Jumat yang dapat dilakukan umat muslim sesuai sunah Rosulullah SAW diantaranya yaitu membaca surat Al Kahfi, membaca sholawat nabi, dan memperbanyak doa. Berikut ini adalah pembahasannya.

1. Membaca Surat Al Kahfi

Amalan Malam Jumat
Amalan Malam Jumat

Amalan malam Jumat yang pertama yaitu membaca surat Al Kahfi. Membaca surat Al Kahfi bukan berarti membedakan surat ini dari surat lainnya dalam Al Quran. Setiap surat dalam Al Quran memiliki arti yang baik. Sesuai dengan sunah Rosulullah SAW,

Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan untuknya Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menyinarinya dengan cahaya antara dia dan Baitul ‘atiq.” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim)

Surat Al Kahfi dianjurkan dibaca di malam Jumat sesuai dengan sunah Rosulullah SAW. Namun tidak memungkiri juga bahwa membaca surat Al Kahfi di lain hari Jumat juga tidak apa apa.

2. Membaca Sholawat Nabi

Amalan Malam Jumat
Amalan Malam Jumat

Amalan malam Jumat yang kedua yaitu membaca sholawat nabi. Suatu hari pada zaman Rosulullah SAW ada sahabat yang memanggil beliau, tetapi beliau tidak mempedulikannya. Sahabat tersebut merasa bingung, lalu dia mengejar Rosulullah SAW.

Ketika sudah dekat dengan Rosulullah SAW sahabat tersebut bertanya, kenapa beliau tidak menjawab salam darinya, ternyata sahabat tersebut tidak pernah mengucapkan sholawat kepada Rosulullah SAW.

إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ قُبِضَ وَفِيهِ النَّفْخَةُ وَفِيهِ الصَّعْقَةُ فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنْ الصَّلَاةِ فِيهِ فَإِنَّ صَلَاتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ

Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling afdhal adalah hari Jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan, dan pada hari itu juga ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk. Oleh karena itu perbanyaklah shalawat di hari Jum’at, karena shalawat akan disampaikan kepadaku.” (Aus Bin Aus ra)

Membaca sholawat ternyata juga dapat meningkatkan kadar keimanan kita, disaat hati penuh dengan gundah dan gelisah.

3. Memperbanyak Do’a

Amalan Malam Jumat
Amalan Malam Jumat

Yaa do’a adalah sesuatu yang kita minta kepada Allah SWT. Allah SWT akan mengabulkan do’a setiap makhluknya. Allah SWT mengetahui apa saja yang kita butuhkan di dunia ini, semua bisa dipenuhi oleh Allah SWT.

Jika kita sadar sebenarnya Allah SWT telah membukakan jalan untuk kita, tergantung dari kita sendiri akan mengambil jalan tersebut atau tidak. Banyak kejadian tak terduga yang ternyata adalah jawaban Allah SWT atas do’a do’a yang kita sampaikan.

”Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangan beliau sebagai gambaran akan sedikitnya waktu itu” (H.R Abu Hurairah dan Muttafaqun Alaih)

Memperbanyak do’a adalah amalan malam Jumat sesuai sunnah, walaupun tidak hanya malam Jumat saja, setiap malam kita bisa berdo’a. Waktu yang tepat untuk berdo’a yaitu setelah melaksanakan sholat tajahud di sepertiga malam yang terakhir.

Semoga Allah SWT memudahkan kita untuk terus melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Yukkk Share … 🙂

Topik Bahasan:

Cari apa yang biasanya dilakukan di malam jumat. Seru Kan? Apa Pendapatmu tentang Topik di Atas?
Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?