perbedaan rendah hati dan rendah diri
Perbedaan rendah hati dan rendah diri

SERIUS, Apa Perbedaan Rendah Hati dan Rendah Diri?

Posted on

Sebelumtidur.com – Apakah perbedaan rendah hati dan rendah diri? Perbedaan rendah hati dan rendah diri apa hanya dari farsenya saja? Tidak sedikit orang yang keliru mengartikan perbedaan sifat rendah hati dan rendah diri, keduanya menggunakan frase yang sama ‘rendah’ tapi memiliki makna yang berbeda.

Rendah hati ibarat pohon padi, semakin dia berisi maka dia semakin merunduk. Orang yang rendah hati tidak akan menyombongkan dirinya, memamerkan semua yang ada, karena dia yakin bahwa semua yang dimiliki adalah titipan dari Allah SWT.

Rendah diri beda lagi dengan rendah hati. Kata rendah diri menuju pada sikap tidak percaya diri, minder, takut, dan penuh dengan keragu-raguan. Tau sendirikan kalau ragu-ragu itu mendekati keburukan jadi lebih baik yang pasti pasti saja dari pada ragu. Rendah diri disebut juga dengan malu. Malu untuk menunjukan dirinya.

Artikel kali ini yukk kita bahas perbedaan sifat rendah hati dengan rendah diri, cermati perbedaan masing masing yaa, semoga kita tergolong orang yang rendah hati.

Perbedaan Rendah Hati dan Rendah Diri

Salah satu sifat terpuji dalam Islam yaitu rendah hati. Rendah hati menunjukan seseorang puas dengan yang dimiliki selalu bersyukur dan tidak menyombongkan yang dimiliki tersebut. Berikut ini ciri ciri orang yang memiliki sifat rendah hati,

1. Menganggap Hidup itu Adil

Hidup yang dijalani memang terkadang kita mendapat nikmat yang tak terkira, terkadang pula mendapat musibah yang mengiris hati. Jika kita menganggap hidup itu adil maka kita tidak akan menyalahkan keadaan, sebagai contoh ketika mendapat musibah ditipu orang sehingga uang berjuta juta habis begitu saja.

Jika kita menganggap hidup itu adil kita akan melihat perbuatan buruk apa saja yang telah dilakukan sehingga mendapat musibah tersebut. Berfikir bahwa Allah SWT memberikan musibah ini karena dulu kita pernah berbuat dosa seperti itu dan ini adalah balasannya.

Orang yang memiliki sifat rendah hati tidak akan menyalahkan keadaan tapi melihat bahwa musibah yang terjadi kehendak Allah SWT. Begitu pula ketika mendapat nikmat yang berlimpah, orang yang rendah hati tidak akan menyombongkannya dan tidak berlebihan dalam berbahagia, justru malah banyak bersyukur dengan nikmat tersebut.

2. Melihat Semua Orang Sama

Maksudnya disini adalah tidak membanding bandingkan satu orang dengan orang lain. Dia menganggap orang tua adalah tempat mengabdinya. Meyakini bahwa antara orang miskin dan orang kaya adalah sama saja, semua dibedakan karena ketaatannya pada Allah SWT.

Coba kita bayangkan ketika ada dua orang di dalam hutan yang sama sama kehausan, mereka terjebak disana selama satu hari. Orang yang memiliki uang banyak tidak dapat membeli air di hutan tapi dia harus mencari sumber air sendiri untuk memenuhi rasa hausnya.

Begitu pula dengan orang miskin tidak dapat mengeluh karena dia tidak memiliki siapapun untuk membantunya. Dia harus berupaya dan bekerjasama dengan si kaya untuk menemukan sumber air. Begitulah orang rendah hati memandang sesamanya, semua sama.

perbedaan sifat rendah hati dan rendah diri
Perbedaan sifat rendah hati dan rendah diri

3. Tidak Bersikap Sombong

SIfat sombong memang tidak dapat dihindari ketika itu sudah menjadi kebiasaan. Yaa kebiasaan buruk untuk memamerkan yang dia miliki, baik harta, jabatan, prestasi, suami/ istrinya, dan sebagainya. Sombong adalah sifat buruk yang harus dihilangkan.

Yang bisa menilai diri kita sombong atau tidak adalah orang lain, tapi setidaknya kita bisa mencegahnya dengan tidak membicarakan hal hal yang dapat memancing sifat sombong.

Orang yang rendah hati merasa cukup dengan yang dia miliki, dia merasa tidak perlu memperlihatkan yang dia punya, dia pun merasa semua itu hanya titipan dari Allah SWT yang kapan saja bisa diambil.

4. Berempati pada Semua Orang

Orang yang paling baik adalah orang yang bisa bermanfaat untuk orang disekitarnya. Ketika dia tidak ada maka dia akan dicari keberadaannya. Berempati berarti memahami keadaan orang lain yang ada di sekitarnya, ikut merasakan yang mereka rasakan.

Berempati tidak berarti harus larut dengan kesedihan orang lain tapi bisa dengan membantu orang tersebut saat dia mengalami kesusahan. Mencoba membantu sebisa mungkin dan tidak memikirkan keuntungan yang akan dia peroleh dari membantu orang yang susah.

Saat orang lain bahagia pun orang yang rendah hati akan ikut bahagia, merasakan kebahagiaan orang lain tanpa timbul rasa iri dalam hati.

5. Selalu Membuat Orang Lain Bahagia

Perbedaan sifat rendah hati dan rendah diri saat membahagiakan orang lain, yaa terasa sangat berbeda. Orang yang rendah hati akan membuat orang lain bahagia dengan hal hal kecil yang bisa dia lakukan untuk membuat orang lain nyaman bersamanya.

Orang yang rendah diri akan membuat orang lain menjadi kesal bukan bahagia. Kenapa? Karena orang rendah diri terlalu malu dan stag di tempatnya, dia susah diajak berkembang dan malah menyusahkan orang lain karena sifat malunya.

Nahh bagaimana sobas sebelumtidur.com dengan ciri ciri orang rendah hati? semoga kita memiliki sifat tersebut yaa, yukk sekarang kita bahas tentang rendah diri. Mudahkan mempelajari perbedaan sifat rendah hati dengan rendah diri.

perbedaan sifat rendah hati dengan rendah diri
Perbedaan sifat rendah hati dengan rendah diri

Perbedaan Rendah Hati dan Rendah Diri

Rendah diri bisa diartikan juga dengan malu. Perbedaan rendah hati dan rendah diri memang sangat banyak, setelah kita bahas sifat rendah hati sekarang kita bahas sifat rendah diri yaaa,

1. Mudah Cemas Saat Menghadapi Masalah

Sikap cemas akan muncul ketika orang yang rendah diri menghadapi masalah, karena dia merasa takut tidak mampu menyelesaikan masalah. Mungkin saja dia bisa menyelesaikan masalah tersebut tapi karena rasa mindernya dia perlahan akan mundur dan pergi.

2. Gugup dalam Berbicara

Tidak dapat dipungkiri perbedaan sifat rendah hati dan rendah diri yang paling mencolok adalah saat berbicara. Orang yang rendah diri akan merasa takut, grogi, tidak percaya dengan dirinya, dan merasa takut kalau kalau perkataannya menyinggung orang lain.

3. Bergantung pada Orang Lain

Orang yang rendah diri tidak mampu berdiri di kakinya sendiri, dia selalu mengandalkan orang lain untuk menyelesaikan masalahnya. Rasa ragu ragu selalu menyelimuti hatinya sehingga dia merasa kesusahan untuk berdiri sendiri.

4. Lari dari Tanggungjawab

Tanggungjawab dalam menyelesaikan sebuah urusan dan menanganinya sampai selesai sepertinya susah dilakukan orang yang rendah diri. Dia memilih lari dan tidak ikut campur dengan urusan tersebut. Orang yang rendah diri cenderung menghindar dari resiko.

Bagaimana sahabat sebelumtidur.com tentang perbedaan sifat rendah hati dengan rendah diri? mirip katanya tapi beda jauh artinya yaa. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Bagi Dong, Bagaimana Pendapat Positifmu tentang Topik Di atas?